Rahasia Sukses Najla Bisyir, dari Dapur Rumah Sederhana Kini Punya 800 Karyawan

Tasya Kamila dan Najla Bisyir
Sumber :
  • Shopee

Jakarta, VIVA –  Berawal dari dapur rumah sederhana hingga menjadi salah satu pelopor dessert box di Indonesia, Bittersweet by Najla telah membuktikan bahwa inovasi dan kolaborasi adalah kunci sukses dalam bisnis F&B. Najla Bisyir, sang pendiri, berbagi cerita perjuangannya dalam acara Media Gathering Shopee: Tulis Cerita Baru, Dampak Inovasi Berdayakan Ekosistem yang digelar pada Selasa, 19 November 2024.

Najla bercerita, memulai bisnisnya dengan langkah kecil sebagai usaha rumahan. Siapa sangka, perjalanan tersebut kini telah membawa Bittersweet by Najla menjadi brand besar dengan ratusan karyawan. "Sebenarnya bisnis Bittersweet by Najla yang dibangun awalnya bisnis rumahan. Bisnis rumahan, yang aku juga nggak expect sampai punya 800 karyawan, 3 central kitchen, dan itu bener-bener perjuangan," jelas Najla Bisyir.

Kesederhanaan langkah awal ini mengajarkan bahwa keberhasilan seringkali bermula dari ide kecil yang dijalani dengan tekad besar. Bisnis makanan dan minuman selalu menghadapi persaingan ketat. Namun, Najla mampu menjaga eksistensi Bittersweet by Najla dengan terus berinovasi. Salah satu langkah strategisnya adalah memanfaatkan platform digital seperti Shopee.

"Salah satunya yang jadi brand F&B di Shopee. Di tahun 2019, kita diajarin sama Shopee untuk masuk ke kategori frozen food saat itu. Jadi, dari situ aku mulai okei, kita buat dessert box, saat itu yang bisa dikirim hanya daerah Jakarta sampai Tangerang. Hanya bisa pengiriman instan," ungkap Najla.

Tak hanya itu, Najla juga terus berusaha menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia. "2021-2022, mulai maraknya live Shopee dan sebagainya, aku mulai ngebuka pikiran aku. Gimana caranya Bittersweet yang ada di Shopee bisa kita reach out sampai ke Mojokerto, Jawa Timur, dan lainnya agar bisa rasain Bittersweet." kata Najla.

Melalui pemikiran ini, lahirlah inovasi produk baru yang menjawab kebutuhan pasar sekaligus memperluas jangkauan Bittersweet by Najla.

Inovasi sebagai Kunci Sukses

Najla tidak pernah berhenti berinovasi untuk mengikuti tren yang terus berkembang di industri F&B. Salah satu produk inovatifnya adalah Snacktok, sebuah dessert yang dirancang untuk bisa dikirim ke seluruh Indonesia tanpa khawatir rusak. "Akhirnya, aku launching satu produk yang alhamdulillah diterima masyarakat namanya Snacktok. Bisa dikirim ke seluruh Indonesia, dan Alhamdulillahnya bisa berkembang terus sampai dengan sekarang." jelas Najla.

Menurut Najla, tren dalam dunia dessert berubah dengan cepat, sehingga inovasi menjadi keharusan. "Dessert yang aku jalanin ini sebenarnya cepat banget berubahnya. Selalu ada yang baru di dunia dessert (milk bun, coklat Dubai). Ini udah bukan tren fashion lagi, tren F&B banget. Cepet banget." kata Najla.

Najla percaya bahwa bisnis yang sukses harus dijalani dengan jiwa. Baginya, bisnis adalah seperti anak yang harus dirawat dan dibesarkan dengan cinta. "Salah satunya inovasi, bisnis yang aku jalani dengan soul aku. Pake jiwa, jadi kalau pake jiwa itu kayak anak. Jadi kita gedein, kita ajarin jalan sampai dia bisa lari." ungkap Najla.

Selain itu, kolaborasi juga menjadi elemen penting dalam kesuksesan Bittersweet by Najla. "Dan yang kedua kolaborasi. Ada pengaruhnya sama konsumen, harus lebih simple, gampang, singkat, dan terjangkau. Kita nggak bisa samain sama beauty atau fashion product. Karena F&B itu punya musuh namanya waste (expired)."

Melalui kolaborasi dan inovasi, Najla mampu menciptakan produk yang lebih tahan lama dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. "Kita inovasi sama produk yang lebih tahan lama dan disukai sama masyarakat. Seperti Snacktok." jelas Najla.

Kisah sukses Najla Bisyir bersama Bittersweet by Najla adalah bukti nyata bahwa inovasi dan kerja keras dapat mengubah ide sederhana menjadi bisnis besar. Dari dapur rumah hingga ke seluruh pelosok Indonesia, Najla telah menunjukkan bagaimana teknologi dan platform digital seperti Shopee dapat dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan dan mempertahankan eksistensi di industri F&B.