Masih Jobless? Ini Kesalahan saat Membuat CV

Ilustrasi Curriculum Vitae
Sumber :
  • Pixabay/TobyHerrmann

Jakarta, VIVA – Salah satu permasalahan yang masih kerap ditemui dalam proses lamaran kerja di Indonesia yaitu masih banyak pelamar yang menggunakan CV dan Cover Letter tulis tangan. 

Fenomena ini tidak jarang mengurangi nilai profesionalisme pelamar di mata perekrut. Lalu, bagaimana kriteria CV yang baik? Scroll untuk tahu lebih lanjut, yuk!

Melvin Gilbert, selaku Chief Technology Officer (CTO) PT. Sentosa Data Solusindo, yang menaungi Lokalpro mengungkapkan keprihatinannya terhadap fenomena tersebut.

“Di era digital seperti sekarang, masih banyak pencari kerja kesulitan menyiapkan CV dan cover letter yang profesional. Padahal, dokumen ini adalah gerbang pertama mereka menuju karier impian,” ujar Melvin dalam keterangannya, dikutip Jumat 25 Oktober 2024.

Ilustrasi wawancara/interview kerja.

Photo :
  • Freepik/yanalya

“Kami membantu memastikan setiap pencari kerja memiliki kesempatan yang sama untuk tampil profesional dan meyakinkan di mata perekrut," sambungnya.

Lebih lanjut, Melvin pun merekomendasikan Lokalpro untuk membuat curriculum vitae (CV) dan cover letter gratis. Platform ini menawarkan berbagai fitur yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan pengguna. 

“Setiap CV dan Cover Letter yang dihasilkan dirancang dengan mempertimbangkan tren terkini dalam dunia rekrutmen, memadukan unsur kreativitas dan profesionalisme yang dapat menarik perhatian perekrut,” jelasnya.

Selain itu, platform ini didukung tim profesional yang terdiri dari penulis dan desainer berpengalaman. Mereka tidak hanya membantu dalam penyusunan dokumen, tetapi juga memberikan panduan dan saran mengenai strategi menghadapi proses rekrutmen. 

“Hal ini menjadi nilai tambah bagi para pencari kerja yang ingin meningkatkan peluang mereka di pasar kerja yang semakin kompetitif,” tuturnya.

Melvin menjelaskan, Lokalpro juga menyediakan layanan konsultasi yang membantu pengguna memahami ekspektasi perusahaan dalam proses rekrutmen. 

“Pendekatan holistik ini memungkinkan pencari kerja untuk tidak hanya memiliki dokumen yang menarik, tetapi juga pemahaman yang lebih baik tentang cara menonjol dalam proses pencarian kerja,” pungkasnya.