Minta Anak Muda Pakai Batik, Sandiaga Uno: Kita Menjaga Kearifan Lokal

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA.co.id

Jakarta, VIVA – Dikenal sebagai warisan budaya dengan keindahan menakjubkan yang telah diakui dunia, kain wastra (kain tradisional Indonesia) senantiasa hadir sebagai pemersatu yang menjalin makna ragam budaya dalam satu payung besar, Indonesia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, menjelaskan, kain batik sendiri sebagai salah satu wastra Nusantara, telah diakui oleh UNESCO sejak 2009. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Oleh karena itu, dia berharap agar masyarakat, terutama generasi muda, memiliki kebanggaan dan tergerak untuk turut melestarikan dan mempromosikan batik sebagai warisan budaya Indonesia. 

“Dengan melestarikan batik, kita juga menjaga kearifan lokal yang bisa menjadi sumber inspirasi dan inovasi bagi generasi mendatang,” kata Sandiaga di acara Press Conference Oreo Luncurkan Edisi Spesial Kemasan Bergambar Batik, yang digelar virtual, baru-baru ini. 

Ilustrasi Membatik

Photo :
  • ist

Berada dalam ruang diskusi yang sama, Era Soekamto selaku perancang busana dan konsultan Nusantara Wisdom, mengatakan bahwa batik dan wastra Indonesia merupakan salah satu bukti nyata perjalanan panjang akan keragaman budaya Indonesia.

“Layaknya wastra Nusantara, dalam setiap motifnya tersimpan kelestarian dan kesadaran terhadap nilai-nilai luhur budaya yang bisa menyatukan Indonesia,” tuturnya.

Senada dengan Era Soekamto, aktris sekaligus kain tradisional enthusiast, Nadine Chandrawinata pun berharap agar batik bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang untuk menumbuhkan kebanggaan akan warisan budaya mulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga.

“Sambil membangun kedekatan keluarga, kita bisa mengajak anak ataupun anggota keluarga lainnya untuk mulai mengenal warisan budaya Indonesia seperti batik. Terlebih, anak-anak pun sudah sangat familiar dengan batik,” ungkapnya.

Bicara batik, edisi spesial Oreo Batik dengan kemasan bercorak empat wastra, diluncurkan untuk memperingati Hari Batik Nasional. Menghadirkan empat kemasan bergambar wastra Indonesia, setiap orang diajak untuk merayakan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia, sambil menciptakan momen-momen penuh keseruan.

Dian Ramadianti selaku Senior Marketing Manager Biscuits Mondelez Indonesia, menjelaskan, dalam edisi spesialnya kali ini, setiap kemasan Oreo akan diperkaya dengan corak wastra yang mewakili empat wilayah di Indonesia, yakni Batik Mega Mendung dari Cirebon, Kain Songket dari Palembang, Tenun Sengkang dari Makassar dan Tenun Endek dari Bali.

Selain itu, untuk menjelajah kekayaan tradisi dan budaya Indonesia lebih jauh, khususnya terkait batik, perancang busana Era Soekamto yang merupakan tokoh ternama di dunia mode Indonesia, juga turut digandeng.

“Kami berharap hadirnya edisi spesial ini bisa menjadi momentum bagi kita semua untuk merayakan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia, sambil menciptakan momen-momen penuh keseruan bersama,” pungkas Dian.