Double Day Tetap Menjadi Ajang Paling Digemari Konsumen Indonesia Saat Belanja Online

Ilustrasi belanja online.
Sumber :
  • Livemint

VIVA Lifestyle – Ditengah isu resesi ekonomi global pada 2023, tren dan kebiasaan belanja online konsumen Indonesia mengalami peningkatan. Menurut Criteo perusahaan media commerce, menyebut penjualan online ritel di Asia Tenggara melonjak sebesar 205 persen pada Singles Day 2022. Sedangkan di Indonesia, penjualan ritel internet meningkat sebanyak 131 persen, dengan tingkat konversi yang tinggi diantara pembeli online.

Menurut Sukesh Singh, Head of Large Customers, Southeast Asia penjualan online terus mengalami pertumbuhan positif. Ia menjelaskan, analisis indeks penjualan  menunjukkan bahwa selama festival 11.11 beberapa waktu lalu, Asia Tenggara mencatat peningkatan penjualan online sebesar 205 persen dibandingkan bulan sebelumnya, namun menunjukkan penurunan penjualan tahun ke tahun sebesar 23 persen. 

"Di seluruh wilayah Asia Tenggara, Double Days tetap menjadi festival belanja yang cukup signifikan di beberapa negara termasuk Indonesia. Menyambut akhir tahun, penjualan ritel melonjak di Indonesia. Hal ini terjadi karena persiapan dalam menyambut musim liburan," ujar Sukesh Sing dalam acara media briefing Criteo, Selasa 29 November 2022. 

Di Indonesia, penjualan naik sebesar 131 persen tetapi peningkatan penjualan tahun lalu lebih tinggi sebesar 149 persen, menunjukkan penurunan penjualan tahun ke tahun sebesar 28 persen. Tren serupa juga tercatat di 10.10 sebulan sebelumnya, yang juga mengalami penurunan tahun ke tahun sebesar 12 persen di Asia Tenggara.

Terlepas dari tren penjualan online yang menurun secara keseluruhan, barang ritel terkait bepergian naik secara signifikan selama Agustus - September 2022 di wilayah Asia Pasifik dibandingkan tahun sebelumnya. Criteo mencatat bahwa penjualan koper masing-masing naik 116 persen dan 100 persen pada Agustus dan September 2022. 

Ilustrasi belanja online.

Photo :
  • siliconrepublic

Secara keseluruhan, pola ritel menunjukkan hal yang baru dalam pemesanan keperluan liburan untuk melakukan perjalanan. Selain itu, data agregat seluruh kategori bepergian, seperti udara, akomodasi, transportasi, dan hiburan, menunjukkan peningkatan sebesar 176 persen dibandingkan tahun 2021 di Indonesia.

Mark Gubbels, Criteo’s Head of Commercial for Southeast Asia, menambahkan, setiap tahun, Singles Day di Indonesia mengalami peningkatan pada penjualan ritel online, tren ini telah meluas di seluruh Asia Tenggara. 

"Untuk itu, brand dan penjual ritel harus memahami kebiasaan konsumer untuk memaksimalkan dampak pada festival ini,” tutur Mark Gubbels.

Tahun lalu, di Asia Tenggara mencatat peningkatan moderat di penjualan ritel online, sekitar 4 persen dari tahun ke tahun, penjualan ritel online meningkat 399 persen pada Singles Day 2021. 

Dengan menganalisa pembelian konsumen selama Singles Day 2021, dan membandingkan dengan rata-rata selama minggu terakhir bulan Oktober 2021, kategori gaya hidup merupakan yang paling tinggi di wilayah ini, menghasilkan penjualan meningkat 19% lebih tinggi pada Singles Day 2021. 

Seiring dengan pelonggaran aturan bepergian, penjualan untuk keperluan bepergian mengalami peningkatan yang tinggi sebesar 97 persen dibandingkan pada tahun 2020. Kategori seperti Baju Renang Bayi dan Anak-Anak (141 persen), Pakaian Dalam (87%), dan Leotards & Unitarrds (77 persen) tetap menjadi kategori pembelian dengan tren tertinggi pada musim panas ini dibandingkan dengan tahun lalu. Ini menunjukkan pemulihan kehidupan sosial secara menyeluruh bagi banyak konsumen di berbagai wilayah.