Keutamaan Salat Witir, Salah Satunya Disaksikan Oleh Para Malaikat

Ilustrasi ibadah solat
Sumber :
  • Paxel

VIVA – Salat Witir adalah salah satu salat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sebagai penutup salat lainnya. Salat witir dikerjakan setelah salat Isya’ atau sebelum adzan Subuh.

Sedangkan hukum salat Witir adalah sunnah muakkad, bahkan Rasulullah SAW pun tidak pernah meninggalkan salat Witir dalam kondisi apapun.

Menurut bahasanya, Witir berarti ganjil, oleh karena itu salat Witir dikerjakan dapat dikerjakan 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat atau 11 rakaat.

Dalam beberapa hadist menjelaskan, salat Witir merupakan ibadah tambahan dan memiliki beberapa keutamaan bagi yang mengerjakan.

Ilustrasi salat

Photo :
  • U-Report

Keutamaan diantaranya, shalat Witir lebih berharga dari harta yang paling berharga. Intinya shalat Witir sangat mulia dalam Islam. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadist berikut.

Dari Kharijah bin Hudzafah radliyallahu anhu dia berkata, “Rasulullah sallallahu alayhi wa sallam bersabda”

“Sesungguhnya Allah telah menasehatimu untuk berdoa yang lebih baik untukmu daripada harta yang paling berharga.” Kami bertanya, “Apakah itu wahai Rasulullah?”. Dia berkata, “Witir dilakukan antara shalat Isya sampai fajar”.

Dalam hadits tersebut terdapat penjelasan yang sangat spesifik bahwa shalat witir lebih utama dari pada harta yang paling berharga. Sebagai umat Islam, kita harus memahami itu.

Ilustrasi salat.

Photo :
  • U-Report

Kemudian dari hadist yang diriwayatkan oleh Abu Huraira ra, shalat witir merupakan salah satu shalat sunnah yang paling penting.

Bahkan secara khusus, Nabi Muhammad SAW menginstruksikan Abu Huraira bahwa ia harus melakukan shalat witir sebelum ia tidur.

Dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, dia berkata, “Kekasihku (Nabi Muhammad) sallallahu alayhi wa sallam telah menginstruksikan saya tiga hal: puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat dalam sholat Dhuha, dan sholat Witir sebelum saya tidur”.

Manfaat lain dari shalat witir adalah Allah mencintai orang yang melakukan shalat witir. Adapun penjelasnya dapat ditemukan dalam hadist riwayat Ahmad, Abu Daud, at-Tirmidzi, an-Naas’i dan ibn Majah. Berikut penjelasannya.

Ilustrasi salat dan sujud

Photo :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Dari Ali radliyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Shalatlah Witir, wahai Ahul Quran! Sesungguhnya Allah itu Esa dan menyukai shalat Witir”.

Hadits ini diriwayatkan oleh lima orang (Ahmad, Abu Daud, at-Tirmidzi, an-Nasa'i, Ibn Majah).

Keutamaan salat Witir lainnya yakni disaksikan malaikat secara langsung. Hal ini menunjukkan betapa istimewanya salat witir yang dikerjakan malam hari dihadapan para malaikat. Berikut bunyi hadistnya.

“Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama)”.

Abu Mu’awiyah berkata; “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat)” (HR. Muslim).

Itu lah bebebapa kebaikan jika kita mengerjakan salat Witir, sebenarnya ada banyak lagi kebaikan yang dapat kita peroleh jika mau mengerjakaannya. Setelah mengetahui manfaatnya, apakah tetap mau melewatkan salat Witir?

Laporan: Ronaldo Bramantyo