Oppa Hingga Mokbang, 8 Kosakata Bahasa Korea Ini Sudah Masuk KBBI

Kosa kata bahasa Korea
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Gelombang dunia hiburan Korea Selatan atau K-Pop telah masuk ke Indonesia sejak beberapa tahun silam. Tidak hanya memengaruhi gaya berpakaian, selera musik, dan kuliner, tetapi K-Pop kini memengaruhi penggunaan bahasa yang banyak diadaptasi oleh para penggemarnya.

Belajar bahasa Korea saat ini bisa sangat mudah dari menonton drama atau mendengarkan lagu-lagunya. Sehingga, banyak penggemar yang meniru gaya bahasa para idol negeri Ginseng tersebut hingga menggunakannya dalam berkomunikasi sehari-hari.

Kini, sudah ada beberapa bahasa Korea yang dicantumkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa memasukkan beberapa diksi Korea yang sangat familiar di telinga para fans K-Pop ke dalam KBBI. Berikut 8 kosakata Korea yang terdaftar di KBBI, dikutip dari Instagram @badanbahasakemendikbud, Sabtu 16 Juli 2022. 

1. Oppa
Dalam KBBI, oppa diartikan sebagai sebuah panggilan dari perempuan untuk laki-laki yang lebih tua. Biasanya panggilan Oppa ditujukan untuk orang yang memiliki hubungan dekat atau sudah mengenal cukup lama.

Gong Yoo dalam Goblin.

Photo :
  • tvN

2. Bingsu
Minuman khas Korea berupa es yang diserut menyerupai salju dan diberikan tambahan topping gula merah, kacang tanah, buah, dan berbagai pugasan lainnya.

3. Bibimbap
Makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, dan sebagainya. Ditambah dengan bumbu yang dimakan dengan mencampurkan semua bahan tersebut. Biasanya dilengkapi dengan telur mentah atau matang.

4. Kimci
Makanan khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui, kemudian difermentasikan.

5. Bulgogi
Makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah-rempah. Diolah dengan cara dipanggang atau digoreng.

Kimchi

Photo :
  • Pixabay

6. Mandu
Pangsit khas Korea, biasanya dibuat menggunakan tofu.

7. Mokbang
Siarang langsung atau video yang mempertontonkan orang sedang menyantap banyak makanan untuk hiburan.

8. Hanbok
Baju tradisional Korea berupa atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi serta berpotongan lebar di bagian bawah bagi perempuan atau celana longgar panjang bagi pria.