Doa Bangun Tidur Lengkap Beserta Amalan-Amalan dan Manfaatnya

Doa bangun tidur
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Doa bangun tidur menjadi sebuah doa yang harus kita biasakan untuk dibaca saat baru saja terbangun dari tidur. Doa sendiri merupakan sesuatu yang perlu dilakukan u\oleh umat muslim dalam segala hal yang dilakukan dan dilewati. Dengan kita melakukan doa bangun tidur maka berarti kita bersyukur karena bisa bangun dalam keadaan sehat dan masih diberi hidup oleh Allah SWT dan telah dijaga selama kita tidur dari segala hal buruk dan mungkin dari mimpi buruk. 

Dalam sehari-harinya kita sebagai umat Islam tentunya mengetahui berbagai macam doa yang dapat kita baca. Seperti misalnya doa bangun tidur yang pada kali ini akan kita bahas. Karena baik itu saat bangun tidur maupun sebelum tidur kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu sebagai rasa syukur kita dan pegangan kita untuk selalu berada di dalam lindungan Allah SWT. Berikut ini bacaan doa bangun tidur dan sebelum tidur beserta dengan adab dan keutamaannya. 

Doa Bangun Tidur

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

“Alhamdulillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Doa Sebelum Tidur

Berdoa sebelum tidur.

Photo :
  • U-Report

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.”

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

Doa Sebelum Tidur dengan Bacaan Panjang

“Bismika rabbi wadha’tu janbi wabismika arfa’uhu faghfirli dzanbi. Allahuma qini ‘adzabaka yauma tab’atsu ‘ibadaka. Allahumma bismika ahya wa amut, Allahuma inni a’udzubika min-syarri kulli dzi syarrin. Wa min syarri kulli dabbatin anta akhidzun binashiyatiha, inna rabbi ‘ala shirathin mustaqim.”

Artinya: “Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, kuletakkan rusukku dan dengan nama-Mu pula kuangkat tulang itu serta ampunilah dosa-dosaku. Semoga Engkau menjagaku dari azab-Mu pada hari di mana Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari keburukan segala sesuatu yang memiliki keburukan serta dari kejahatan setiap yang melata. Engkaulah yang menggenggam ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus.”

Amalan yang dapat dilakukan setelah bangun tidur

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

Selain membaca doa bangun tidur, kamu juga bisa melakukan beberapa amalan yang juga dilakukan oleh Rasulullah SAW saat beliau sudah bangun dari tidurnya. Berikut ini amalan-amalan yang dapat dilakukan saat bangun tidur: 

1. Membaca takbir (Allahu Akbar) 10 kali

2. Memuji kepada Allah (Alhamdulillah) 10 kali

3. Membaca tasbih (Subhanallah) 10 kali

4. Membaca tahlil (Lailaha ilallah) 10 kali

5. Membaca istigfar (Astagfirullahaladzim) 10 kali

Adab Tidur yang Baik dalam Islam

ilustrasi tidur

Photo :
  • U-Report

Selain membaca doa bangun tidur dan sebelum tidur dan mengamalkan beberapa amalan yang dapat dilakukan, kamu juga perlu mengetahui apa saja adab-adab saat tidur yang bisa kamu biasakan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adab-adab tidur yang baik dalam Islam menurut Imam Al-Ghazali:

1. Sebaiknya saat kita hendak tidur kita dapat menyucikan diri terlebih dahulu dengan berwudhu agar tubuh kita bersih dari kotoran atau hadas kecil yang menempel. Dengan wudhu kita juga bisa terhindar dari mimpi buruk dan kualitas tidur dapat meningkat. 

2. Posisi tidur miring ke kanan seperti yang dianjurkan oleh dokter agar menjaga isi perut dan melindungi jantung agar tidak ketindihan. Posisi miring ke kanan juga dapat membuat otak kiri kita beristirahat setelah bekerja selama seharian. Namun bagi kamu yang memiliki asam lambung dianjurkan untuk tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri. 

3. Membaca  surat Al-Fatihah sebelum tidur.

4. Membaca surat pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas sebelum tidur.

5. Meniup kedua tangan tangan tiga kali dan diusapkan ke sekujur tubuh kita setelah membaca surat-surat pendek dan doa sebelum tidur. 

Manfaat membaca doa bangun tidur

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

Saat kita bangun tidur dan langsung membaca doa bangun tidur, kita senantiasa bersyukur kepada Allah SWT karena masih memberikan kesempatan kepada kita untuk terbangun dengan kondisi yang sehat dan mata yang terbuka untuk melihat dan menjalankan aktivitas dalam sehari-hari dengan baik. 

Dengan berdoa sabangun tidur kita juga bisa terbiasa untuk selalu mengingat Allah SWT. Karena sejatinya Allah SWT adalah Yang Maha Kuasa sehingga bisa saja kita tidak dibangunkan kembali saat tertidur. Membaca doa saat bangun tidur juga membuat kita mendapatkan pahala jadi sebaiknya selalu diterapkan dan diamalkan. 

Itulah penjelasan bacaan doa bangun tidur, doa sebelum tidur yang juga dilengkapi dengan amalan-amalan saat bangun tidur, adab-adab dan manfaatnya. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu terus mengingatkan kamu agar selalu membaca doa baik itu saat bangun tidur maupun sebelum tidur. 

Manfaat membaca doa sebelum tidur

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

Dengan membaca doa sebelum tidur maka kita senantiasa akan terhindar dari segala hal buruk saat tidur dan terhindar dari mimpi buruk. InsyaAllah kita juga akan masih diberi hidup dan bisa tetap bangun pada keesokan harinya. Karena manusia membutuhkan pertolongan dan perlindungan saat tidur dari Allah SWT. Maka dari itu ada doa dan zikir-zikir yang dianjurkan dibaca sebelum tidur agar kita mendapatkan kemanan selama tidur. Tak hanya itu saja, kia juga dapat terhindar dari perbuatan yang buruk sebelum tidur dengan membaca doa sebelum tidur terlebih dahulu. 

Seperti yang diterangkan dalam hadis dari Jabir bin Abdullah, “Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan setan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan,’ sedangkan syetan membisikan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan keburukan.’ Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.”