5 Cara Menerima Paket dengan Aman Selama Pandemi COVID-19
- Pixabay/siala
VIVA – Menerima paket dari luar dan membawanya ke dalam rumah bisa menjadi ancaman selama masa pandemi virus corona atau COVID-19. Lalu, bagaimana cara melindungi diri saat memesan kebutuhan secara online?
Hasil penelitian menunjukkan, virus dapat hidup di permukaan karton hingga 24 jam dan 3 hari pada permukaan plastik dan baja. Tapi, mengenakan sarung tangan sebelum mengambil atau membuka paket juga tidak diperlukan.
Lalu, bagaimana langkah yang benar? Berikut lima cara yang dapat dilakukan untuk menjaga diri tetap aman saat menerima paket, dilansir Cleveland, Selasa 16 Maret 2021.
Tentukan zona pengiriman di luar rumah
Letakkan peti atau wadah lainnya di luar rumah untuk kurir meletakkan paket. Dengan cara ini, kamu dapat membatasi kontak langsung dengan orang lain.
Bawa disinfektan
Bawalah disinfektan semprot atau lap basah dengan pembersih di atasnya untuk menyeka kotak atau kemasan sebelum membawanya masuk ke dalam rumah. Atau, buka kotak di luar dan buang kemasannya.
Tentukan permukaan tempat membuka paket
Jika memilih untuk membuka paket di dalam rumah, pilihlah permukaan keras untuk meletakkan paket, sehingga dapat disterilkan dengan mudah.
Lapisan plastik
Seka lapisan plastik atau kotak berikutnya dengan pembersih sebelum menyimpan atau menggunakannya.
Cuci tangan
Langkah terakhir adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih. Di sisi lain, sebagai bentuk dukungan akan layanan pengiriman yang dapat diandalkan, Lion Parcel resmi memperkuat sistem pengiriman Lazada Logistics untuk memperluas jangkauan layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia.
CEO Lion Parcel, Farian Kirana, menjelaskan, berbekal jaringan operasional terpercaya dan infrastruktur Lion Air Group yang menjangkau 97 persen total wilayah Indonesia, Lion Parcel siap dukung layanan pengiriman Lazada.
"Program kerja sama ini akan dimulai pada Maret 2021, meliputi peningkatan sistem, serta penambahan jumlah armada pengiriman di lapangan sehingga layanan pengiriman kepada pelanggan menjadi lebih cepat, tepat dan juga aman ke seluruh wilayah Indonesia," ujarnya lewat rilis yang diterima VIVA, belum lama ini.
"Kami berharap kolaborasi ini bisa memberi manfaat serta keuntungan bagi banyak pihak, terutama dalam hal pemenuhan kebutuhan masyarakat selama masa pandemi, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," tutur Farian Kirana.