Tiga Tips Sukses Bisnis Clothing Line

Prilly Latuconsina
Sumber :
  • Instagram Illy Wears

VIVA – Dalam 10 tahun terakhir, bisnis clothing line merupakan salah satu usaha yang banyak dilirik oleh anak muda. Sifatnya yang dinamis dan menuntut kreativitas membuat banyak anak muda tertantang untuk masuk ke bisnis ini.

Sayangnya, beberapa dari mereka tak punya modal dan kemampuan yang cukup untuk bisa bertahan. Hal ini membuat bisnis clothing line yang dijalankan tidak bertahan lama.

Dalam acara BincangShopee, bertema Kreativitas Tanpa Batas,  Founder Erigo Store Muhammad Sadad dan seniman visual handal Muklay membagikan tips dan trik seputar proses kreatif untuk membangun sebuah brand fesyen. Berikut ini tiga tips yang dibagikan oleh Muhammad Sadad dan Muklay dalam menciptakan karya yang kreatif dan inovatif di bidang fesyen.

1. Jangan takut untuk membuat konsep berbeda

Konsep menjadi landasan penting dalam membuat clothing line. Karena hal inilah yang mendasari logika, pemikiran, serta penalaran bagaimana kamu akan mendesain. Konsep inilah yang akan menentukan bentuk, warna, dan jenis yang akan dipilih.

Sebab itu, jangan takut untuk memilih konsep yang anti-mainstream, seperti menggabungkan nuansa etnik dan modern atau mengusung konsep eco-fashion dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Untuk mendukung proses kreatifnya, cari ragam inspirasi dari majalah maupun internet.

2. Kolaborasi dan inovasi

Salah satu strategi untuk membuat kreasi barang fesyen dengan nilai lebih adalah dengan kolaborasi dan inovasi. Menentukan tema yang sesuai dengan tren atau momentum yang ada misalnya, bisa menjadi salah satu pilihan kolaborasi yang diinginkan.

Tentunya, perlu dipastikan pihak-pihak yang diajak berkolaborasi dapat mewakili tema terpilih dengan baik. Kolaborasi dengan seniman untuk desain jaket jeans atau membuat koleksi desain eksklusif dengan tema tertentu, bisa dijadikan pilihan.

3. Tentukan channel pemasaran dan promosi yang tepat

Bagi yang tertarik untuk mengembangkan hasil kreasi fesyen menjadi bisnis, tentukanlah strategi pemasaran dan promosi yang tepat. Untuk memulai, tentukan dahulu target audiens yang pas. Kalau desainnya bergaya urban dan cocok untuk anak muda, maka penting untuk mengetahui kanal informasi dan platform yang mereka gunakan untuk berbelanja barang fesyen.(nsa)