Kisah di Balik Karya Elegan Fossil dari Masa ke Masa
- VIVA.co.id/Romys Binekasri
VIVA.co.id – Mendengar merek Fossil mungkin yang teringat adalah sebuah jam tangan. Ya, merek jam tangan yang pernah berjaya di zamannya ini ternyata masih tetap menjadi pilihan banyak orang, meskipun telah banyak brand baru muncul di pasaran.
Dilansir dari Fashiongear, Jumat 29 September 2017, Fossil didirikan pada tahun 1984 oleh Tom Kartsotis yang dulunya adalah seorang mahasiswa universitas ternama di Texas. Pada tahun 1990, perusahaan ini memperkenalkan produk berbahan kulit dengan jam tangan tersebut.
Seiring berjalannya waktu, keinginan untuk menguasai pasar jam tangan saat itu semakin kuat ketika Fossil mulai mengakuisisi sebuah merek jam tangan asal Swiss yakni Zodiac Watches yang berdiri pada tahun 1882, dan merek Michele watch pada tahun 2004.
Setelah semakin berkembang, pihak Fossil kembali membuka cabang manufaktur di berbagai negara yang cukup maju, guna memenuhi kebutuhan pemasaran Fossil di berbagai penjuru dunia. Jam tangan Fossil dikenal memiliki desain yang klasik dan tidak lekang termakan zaman, sederhana dan relevan.
Fossil juga merupakan produsen dan distributor berlisensi untuk merek ternama seperti Burberry, DKNY, Emporio Armani, Armani Exchange, Tory Burch, Kate Spade, Michael Kors, Marc oleh Marc Jacobs, Skagen Designs, Michele, dan Adidas.
Keindahan desain Fossil awalnya dirancang oleh Lynne Stafford, yang terinspirasi oleh sebuah iklan di media cetak pada 1930-an. Kemudian, istri dari Kartsotis, menciptakan desain baru bergaya retro. Desain tersebut banyak menarik perhatian sehingga membuat merek itu semakin terkenal.
Tidak hanya itu, keberhasilan dan kesuksesan Fossil juga tak luput dari kolaborasinya dengan Philippe Starck, sang desainer kawakan asal Prancis yang menciptakan model–model dan varian terbaru dari jam tangan Fossil.
Desain baru
Fossil telah mengembangkan lebih dari 12.000 desain baru tahun lalu, dan meluncurkan sekitar 2.000 atau 3.000 produk ke pasar.
Shannon Washburn, Vice President, Watch Product Development, mengatakan bahwa pasar Fossil sangatlah unik karena mereka memiliki strategi pasar tersendiri dan juga memiliki nilai fesyen yang menarik.
Bahkan pada tahun ini Fossil baru saja mengeluarkan jam tangan pintar untuk koleksi Spring/Summer 2017. Koleksi tersebut memberi varian smartwatch dari seri Fossil Q Wearables.
Jam tangan pintar ala Fossil tersebut hadir untuk pria dan wanita dengan desain yang klasik dan ikonik. Terlebih, koleksi baru ini terbagi dalam dua desain yakni seri touchscreen dan analog.
Menariknya, kedua tipe tersebut bisa terhubung langsung dengan smartphone dengan fungsi untuk menerima panggilan telepon, mengambil foto, mengendalikan musik dan menghitung kalori dalam langkah Anda.
Selain jam tangan, Fossil juga mengeluarkan beberapa produk fesyen lainnya di antaranya, kacamata, fesyen berbahan kulit, seperti dompet dan tas. (ase)