Cerita Kecintaan Ike Nirwan Bakrie Terhadap Wastra Nusantara

Ike Nirwan Bakrie
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

VIVA.co.id – Kecintaan Ike Nirwan Bakrie kepada wastra Nusantara memang sudah tidak diragukan lagi. Ibu dari tiga orang anak ini ternyata telah mencintai wastra Nusantara sejak ia menikah lantaran sering mendatangi berbagai acara dengan aneka wastra tersebut.

Siapa sangka ternyata hal itu membuatnya ikut terjun dalam sebuah komunitas pelestarian wastra Nusantara, yakni Rumah Pesona Kain dan Himpunan Wastra Prema. Wanita berusia 64 tahun ini pun mengakui bahwa wastra Nusantara dari Indonesia sangat banyak dan beragam.

"Saya mencintai wastra Nusantara sejak muda atau baru menikah lantaran sering memakai berbagai kain di setiap kesempatan kalau ada acara. Namun yang paling benar-benar menekuni sampai terlibat untuk pencinta kain, itu dalam 10 tahun belakangan ini," ujarnya kepada VIVA.co.id saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 16 Maret 2017.

Dia menuturkan bahwa bersama rekan-rekannya yang merupakan para pencinta kain selalu melakukan berbagai kegiatan demi mengedukasi masyarakat agar mencintai wastra Nusantara. Tidak hanya itu, dari kecintaannya tersebut, pemilik nama asli Ratna Indira ini ingin memasyarakatkan penggunanya untuk dijadikan busana sehari-hari.

Baginya wastra Nusantara memiliki keindahan yang tidak biasa dan unik. Setiap proses dalam pembuatannya seolah menggambarkan  ciri khas daerahnya dan mengandung filosofi yang bermakna.

Sementara ketika ditanya ada berapa koleksi wastra yang dimiliki, wanita kelahiran Semarang ini mengaku ada banyak. Meski tidak bisa disebutkan nominalnya, Ike mengatakan dia memiliki hampir seluruh wastra, seperti batik, tenun dan jumputan.

"Kalau koleksi pribadi wastra Nusantara, saya lumayan banyak dari berbagai macam daerah Nusantara dan teknik. Kebetulan saya punya batik, tenun dan jumputan, itu saya ada," ucapnya.