Bisakah Produk Fesyen Indonesia Bersaing di Luar Negeri? Begini Kata Laura Basuki

Brand Ambassadors Buttonscarves
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

Jakarta, VIVA – Industri fesyen Indonesia saat ini berkembang pesat hingga bisa menembus pasar global. Tidak sedikit produk-produk Indonesia yang mejeng di acara-acara fesyen luar negeri untuk memperluas jangkauan pasar sekaligus memperkenalkan hasil karya anak bangsa. Oleh sebab itu, produk lokal kini dipercaya dapat bersaing dengan banyaknya brand mewah dan impor yang harganya selangit.

Bahkan aktris Laura Basuki mengesampingkan rasa gengsi memakai produk lokal karena sudah yakin dengan kualitasnya yang terbaik. Melihat bagaimana perkembangan industri fesyen kian melejit, Laura Basuki menilai banyak brand Indonesia yang konsisten menciptakan inovasi baru dan memuaskan para pelanggan. Sehingga, ada beberapa toko di negara-negara lain yang memuat produk lokal.

"Menurutku yang penting adalah konsistensi. Bagaimana memberikan yang terbaik, meningkatkan kualitas, kepuasan konsumen, dan itu yang dilakukan Buttonscarves," ujar Laura Basuki, dalam acara Exclusive Reveal Buttonscarves Brand Ambassadors, di Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis 10 Oktober 2024.

Jika kebanyakan orang beranggapan bahwa artis-artis Tanah Air pasti selalu mengenakan pakaian mahal dan aksesoris mewah, Laura Basuki justru membuktikan bahwa produk lokal dengan harga yang terjangkau pun bisa membuat penampilannya semakin memukau. Dalam acara tersebut, Laura Basuki mengenakan dress berwarna fuscia yang dipadu padankan dengan tas kecil berwarna emas. Ia mengkombinasikan pakaiannya itu dengan sepatu heels yang membuatnya terlihat lebih elegan.

Menurut Laura Basuki, salah satu kunci yang juga dapat membawa produk fesyen lokal ke kancah global adalah kedisiplinan dalam menciptakan karya terbaru. Bukan sekedar mengikuti tren yang sedang ramai diburu para pecinta fesyen, tetapi justru sebuah brand harus bisa menciptakan tren baru itu sendiri.

"Yang aku lihat mereka bisa berhasil sampai di titik sekarang karena kedisiplinan, ketekunan, dan terus memperbaiki diri. Terus mencari yang baru lagi, inovasi-inovasinya apa, nggak ikut dengan identitas lain tapi punya identitas sendiri," jelasnya.

Laura Basuki kini resmi menjadi Brand Ambassador Buttonscarves bersama tiga artis lainnya yakni Putri Marino, Alyssa Daguise, dan Halima Aden.