Wajib Tahu! Ternyata Ini Penyebab Flek Hitam di Wajah Kamu!

penyebab-munculnya-flek-hitam
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada noda sedikit saja di wajah nampaknya sudah mengurangi nilai tampilan itu sendiri. Tak sedikit orang yang merasa risih dengan noda di wajah mereka, baik bekas jerawat ataupun flek hitam. Flek hitam adalah noda atau bintik-bintik dengan ukuran kecil hingga sedang yang ada pada wajah. 

Umumnya penyebab dari flek hitam ini adalah dari paparan sinar matahari. Namun tidak banyak orang yang mengetahuinya sehingga menjadikan mereka masih menerka-nerka penyebab dari flek hitam. 

Pada artikel ini akan menjelaskan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan flek hitam yang ada di wajah Sobat Shopee ataupun orang terdekat kamu! Kira-kira apa saja ya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Penyebab Flek Hitam di Wajah

1. Berlebihan Terkena Paparan Sinar Matahari
Pernah mendengar bahwa paparan sinar matahari secara terus menerus itu tidak baik? 

Makanya kita disarankan untuk memakai sunscreen? Nah, inilah salah satu akibatnya yakni terkena flek hitam. Terkena paparan sinar matahari secara berlebihan merupakan penyebab utama terjadinya sebuah flek hitam. 

Flek hitam ini muncul dikarenakan adanya peningkatan produksi melanin di kulit, apalagi setelah wajah terkena paparan sinar matahari. Maka dari itu, Sobat Shopee harus sering-sering menggunakan tabir surya secara rutin, begitu pula dengan pengaplikasian ulangnya. 

Hal ini berfungsi untuk mencegah flek hitam. Sobat Shopee perlu tahu ya, tabir surya tidak hanya digunakan ketika cuaca panas saja namun juga digunakannya saat sedang hujan. Gunakan tabir surya setiap dua jam sekali ya, Sobat Shopee!

2. Memencet Jerawat
Dokter kulit sendiri mengatakan jika jerawat yang ditekan akan menghasilkan bekas hitam yang sulit untuk dihilangkan. Nah, tangan-tangan yang iseng ketika memencet jerawat harus mempertimbangkan hal ini lagi, ya! 

Jangan sampai noda bekas tersebut malah mengganggu tampilan di wajah kamu dan membuat flek-flek hitam. Sukur jika hanya ada 1 sampai 3 bekas, bagaimana jika jumlahnya banyak? 

Tentu akan berdampak dengan kepercayaan diri Sobat Shopee. Penting untuk tidak memencet jerawat sebab peradangan jerawat yang ditimbulkan akan mengakibat kerusakan pada sel-sel keratinosit basal, dimana sel-sel tersebut adalah bagian dari struktur kulit manusia. 

Akibatnya, tubuh memproduksi melanin secara berlebihan kemudian memicu hiperpigmentasi di kulit.

3. Faktor Keturunan
Pernah melihat di beberapa orang yang walaupun sudah tua namun kulit wajahnya senantiasa mulus. Namun bisa juga melihat di beberapa orang yang belum berumur tua sudah memiliki flek hitam. 

Nah, mungkin Sobat Shopee bisa melihat kondisi kulit dari keluarga Sobat Shopee sebab bisa saja flek hitam tercipta dikarenakan adanya faktor keturunan, terutama pada ibu. Apabila ada flek hitam di wajah si ibunda, kemungkinan flek hitam yang muncul di wajah kamu berasa dari ibu kamu.

4. Kurangnya Asupan Vitamin
Vitamin adalah hal yang penting dalam mendukung kesehatan tubuh, salah satunya adalah kulit wajah. Kamu harus memenuhi nutrisi tubuh kamu dengan baik agar terhindarnya dari penyakit-penyakit. 

Tidak heran jika flek hitam muncul dikarenakan asupan vitamin dalam tubuh kamu berkurang. Sobat Shopee harus memenuhi asupan seperti vitamin B12, K, dan vitamin E untuk mencegah adanya flek hitam. Rutin juga mengkonsumsi air putih sesuai dengan anjuran yang sudah diberikan per harinya.

5. Menggunakan Skincare Abal-Abal
Penyebab terakhir datang dari pemakaian skincare yang abal-abal. Skincare abal-abal adalah skincare yang tidak memiliki perizinan seperti nomor BPOM lalu diedarkan begitu saja. 

Jangan tergiur dengan harga yang murah dan khasiat yang instan, percaya tidak percaya skincare tersebut nantinya memang akan memberikan khasiat yang instan, namun sekalinya Sobat Shopee melepaskan skincare tersebut hanya beberapa hari saja, muka kamu bisa berubah dalam satu malam, timbulnya jerawat, urat-urat halus berwarna merah, hingga flek hitam. 

Kalau sudah begini, mahal lagi pengobatannya sebab perlu tahap panjang yang dilalui untuk menyembuhkan. Apalagi jika kasusnya, kamu sudah memakai skincare abal-abal tersebut dalam waktu yang lama. 

Setelah kejadian ini, bila hendak mengobati flek hitam, pilihlah skincare untuk menghilangkan flek hitam yang tepat dan sudah mendapatkan perizinan.

Beli Skincare Pemudar Flek Hitam di Shopee
Itu dia penyebab-penyebab terjadinya flek hitam, bagi Sobat Shopee yang hendak melakukan pengobatan sedini mungkin namun budget belum tercukupi. Bisa melakukan pinjaman online bunga rendah bayar bulanan dengan SPinjam. 

Fasilitas yang satu ini merupakan terobosan dari Shopee dalam membantu konsumennya untuk membeli sesuatu yang penting namun belum mempunya budget. Cara pengaplikasiannya gampang kok! 

Selain itu, jika hendak membeli skincare untuk flek hitam, agar belanja jadi lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo Shopee 12.12 Birthday Sale pada 14 November-12 Desember 2022! Ada Gratis Ongkir Rp0, Cuci Gudang Diskon s/d 90%, dan Rezeki Nama Diskon s/d 50RB yang bisa bikin belanja jadi terasa semakin menguntungkan.