Latihan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Cuma Butuh 3 Menit!

Ilustrasi perempuan Jepang
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, VIVA – Siapa sangka, rahasia di balik umur panjang masyarakat Jepang berasal dari latihan sederhana yang hanya memakan waktu tiga menit setiap hari. Adalah Radio Taiso, latihan sederhana yang populer bagi masyarakat Jepang.

Latihan tersebut menjadi cara sederhana dan menyenangkan untuk tetap aktif tanpa memerlukan banyak peralatan atau waktu. Sebab, ini merupakan jenis latihan singkat yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang selama hampir 100 tahun.

Meski hanya melibatkan gerakan sederhana, Radio Taiso ini dikenal efektif dalam menjaga kesehatan tubuh. Apalagi, latihan ini tak hanya bisa diikuti oleh anak-anak, orang dewasa hingga lansia pun dapat melakukan latihan ini secara rutin. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Mengenal Radio Taiso


Melansir dari Japan Society, Radio Taiso merupakan rutinitas olahraga yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1951 di Jepang. Latihan ini diciptakan untuk mempromosikan kebahagiaan sosial dan kesehatan masyarakat dengan cara yang mudah diakses oleh semua orang. 

Gerakan-gerakannya sederhana dan bisa dilakukan di mana saja. Setiap gerakan dalam Radio Taiso ini dirancang untuk memperkuat tubuh, melancarkan peredaran darah, serta meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Meskipun hanya berlangsung selama tiga menit, latihan ini memiliki dampak yang cukup signifikan bagi kesehatan tubuh. Tak heran jika sampai saat ini, Radio Taiso masih tetap populer di kalangan masyarakat Jepang.

Manfaat Latihan Radio Taiso

Ilustrasi holistik kesehatan.

Photo :
  • Advancing Your Health

Berikut beberapa manfaat melakukan Radio Taiso:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Di urutan pertama, yaitu meningkatkan sirkulasi darah. Gerakan-gerakan pada latihan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah, yang bisa memperbaiki fungsi organ tubuh secara keseluruhan.

2. Mengurangi Lelah

Latihan singkat ini juga membantu tubuh bangkit dari rasa lelah, sehingga membuat Anda merasa lebih segar dan bertenaga.

3. Memperbaiki Postur dan Memperkuat Otot

Radio Taiso juga bisa memperbaiki postur tubuh dan memperkuat otot. Dengan manfaat itu, latihan ini bisa membantu mengurangi nyeri punggung.

4. Membakar Kalori

Ya, Radio Taiso juga bisa membantu Anda membakar kalori, bahkan hingga 200 kalori dalam satu sesi. Namun, ini tergantung pada intensitas gerakan dan kondisi tubuh Anda.

Cara Melakukan Latihan Radio Taiso

Jika Anda ingin mencobanya, berikut langkah-langkah dasar latihan Radio Taiso yang bisa Anda ikuti:

1. Pemanasan

Berdiri tegak, rileks, dan mulai dengan menggerakkan tangan serta bahu untuk melonggarkan otot.

2. Luruskan Tubuh

Lalu, angkat kedua tangan ke atas perlahan, lalu turunkan sambil sedikit membungkukkan tubuh ke samping.


3. Latihan Inti 

Selanjutnya, lakukan gerakan sederhana seperti melipat lutut, menggerakkan tangan ke depan dan ke belakang, serta melompat kecil untuk meningkatkan sirkulasi.

4. Pendinginan

Setelah itu, akhiri latihan dengan peregangan lembut untuk merilekskan tubuh.

Jika Anda ingin mencobanya, Anda juga bisa langsung mengikuti berbagai tutorial latihan Radio Taiso di YouTube. Selamat mencoba!