Dampak Berhubungan Seks Setiap Hari, Amankah untuk Kesehatan?

Hubungan seks
Sumber :
  • Times of India

Jakarta, VIVA – Dalam hubungan rumah tangga, seks tidak hanya berfungsi untuk mempererat intimasi dengan pasangan, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Namun, bagaimana jika berhubungan seks dilakukan setiap hari? Apakah aman bagi kesehatan?

Melansir dari Hims, Senin, 23 September 2024, selama dilakukan dengan aman, seks setiap hari dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, baik fisik maupun mental. Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari berhubungan seks setiap hari? Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Manfaat Seks Setiap Hari

Hubungan seks.

Photo :
  • Asiaone

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Seks adalah aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Dengan meningkatkan denyut jantung, Anda tidak hanya meningkatkan stamina, tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah, yang pada akhirnya menurunkan risiko serangan jantung.

2. Mengurangi Rasa Sakit
Saat berhubungan seks, otak melepaskan endorfin, zat kimia yang dikenal sebagai penghilang rasa sakit alami. Sebab itu, jika Anda mengalami sakit kepala atau nyeri otot, seks bisa menjadi solusi alami untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

3. Mengurangi Stres
Selain endorfin, seks juga melepaskan hormon oksitosin, yang sering disebut sebagai "hormon cinta." Oksitosin ini dapat membantu mengurangi tingkat kortisol, hormon yang terkait dengan stres, sehingga membantu tubuh lebih rileks setelah hari yang melelahkan.

4. Membakar Kalori
Seks juga dapat membantu membakar kalori. Meskipun jumlah kalori yang terbakar bervariasi, tergantung pada intensitas dan durasi, setiap aktivitas fisik selalu memberikan manfaat. Dengan mencoba posisi yang lebih aktif, Anda bisa meningkatkan pembakaran kalori selama berhubungan seks.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan 
Seks setiap hari dapat mendukung gaya hidup sehat, termasuk membantu menurunkan berat badan. Selain membakar kalori, aktivitas fisik yang dilakukan selama seks juga dapat mendorong kebiasaan sehat lainnya seperti berolahraga dan makan lebih baik.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur
Seks dapat membantu memperbaiki siklus tidur. Efek relaksasi yang dihasilkan dari pelepasan hormon seperti oksitosin dan endorfin ini juga membantu tubuh Anda lebih mudah memasuki mode "istirahat" dan tidur lebih nyenyak.