Harapan Guru Papua ke Prabowo: Kesejahteraan dan Kualitas Pendidikan Sama dengan di Jawa

Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sentani, Jayapura, Kelasina Yanggroserai
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Papua, VIVA – Guru-guru di Papua menyambut positif pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Mereka berharap agar keduanya memperhatikan kualitas pendidikan dan kesejahteraan guru-guru di Papua, setara dengan yang ada di Jawa.

Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Sentani, Jayapura, Papua, Kelasina Yanggroserai, mewakili suara para guru di Papua. “Kami berharap presiden agar lebih memperhatikan kualitas guru melalui pendampingan dan peningkatan kesejahteraan,” ungkapnya pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Presiden Prabowo Pimpin Rapat Kabinet Merah Putih Perdana di Istana

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden: Muchlis Jr

Kelasina menekankan bahwa kesejahteraan guru akan berdampak langsung pada mutu pendidikan, meskipun para guru bekerja dengan ikhlas tanpa paksaan. “Kami ingin guru-guru Papua diperlakukan setara dengan yang ada di luar. Program kemitraan, seperti magang di sekolah luar, sangat membantu kami,” tambahnya.

Selain itu, Kelasina meminta agar fasilitas pendidikan di sekolah-sekolah Papua diperbaiki, sehingga anak-anak bisa menikmati pendidikan yang lebih baik. Ia juga berharap agar program-program positif dari era kepemimpinan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dapat diteruskan oleh Prabowo-Gibran.