Puluhan Rektor Universitas RI Jajaki Kerja Sama dengan Zhejiang Chinese Medical University

Kunjungan ADI ke Zhejiang Chinese Medical University di Hangzhou.
Sumber :
  • Istimewa.

Jakarta, VIVA – Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) memfasilitasi 23 rektor dan perwakilan perguruan tinggi Indonesia dalam kunjungan kerja dan penjajakan kerja sama strategis dengan Zhejiang Chinese Medical University di Hangzhou.

Kunjungan ini disambut oleh Prof. Huang Jianbo, Wakil Presiden Zhejiang Chinese Medical University, serta Prof. Dong Minhua, Dekan International Education College, beserta jajaran pimpinan universitas.

Dalam pertemuan tersebut, berbagai perguruan tinggi Indonesia mengajukan Memorandum of Understanding (MoU) dan Letter of Agreement (LoA) untuk kolaborasi dalam riset, pertukaran mahasiswa, pelatihan, konferensi, seminar, serta kerja sama di bidang pendidikan.

Zhejiang Chinese Medical University menegaskan, kesiapan mereka untuk mendukung berbagai bentuk kolaborasi ini. "Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi, dan menyambut baik pertemuan awal ini sehingga semua aspek kerja sama dapat segera diwujudkan," ujar Prof. Huang Jianbo, dikutip dari keterangannya, Selasa, 1 Oktober 2024.

Kunjungan ADI ke Zhejiang Chinese Medical University di Hangzhou.

Photo :
  • Istimewa.

Sementara itu, Apt. Deby Tristiyanti, M.Farm, perwakilan dari Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia Bandung, mengungkapkan, "Kami sangat berharap kerja sama pengembangan riset dengan Zhejiang Chinese Medical University segera terwujud. Dari diskusi tadi, pihak universitas sangat terbuka dan antusias," ujarnya.

ADI akan terus mendorong realisasi kerjasama yang dimulai dengan penandatanganan MoU, LoA, serta pelaksanaan pelatihan peningkatan kompetensi bagi mahasiswa kedokteran, farmasi, dan ilmu kesehatan dari perguruan tinggi Indonesia. Program ini juga menawarkan kesempatan beasiswa bagi mahasiwa S2, spesialis kedokteran dan pelatihan di Zhejiang Chinese Medical University.

Kunjungan ditutup dengan kunjungan ke museum tanaman obat dan pusat riset universitas, diikuti dengan jamuan makan halal yang disediakan oleh Zhejiang Chinese Medical University, sebagai bentuk penghormatan terhadap tamu dari Indonesia.