Dukung Inovasi Pebisnis Muda, Program Pelatihan UI Incubate Digelar Membina Puluhan Start Up

Program UI Incubate
Sumber :
  • ist

Jakarta, VIVA – Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (DISTP UI) kembali melaksanakan program UI Incubate, yang bertujuan untuk membina start-up yang berkaitan dengan inovasi dan teknologi dalam mengembangkan produk serta meningkatkan pengetahuan bisnisnya.

Program ini menjadi salah satu inisiatif utama DISTP UI dalam mendukung ekosistem kewirausahaan yang kompetitif dan sesuai dengan kebutuhan pasar sekarang. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Sejak bulan Februari tahun 2023 hingga saat ini, dibimbing.id telah dipercaya sebagai penyelenggara pelatihan untuk 40+ start-up binaan UI yang datang dari berbagai sektor, termasuk pangan, kesehatan, dan agrikultur.

Melalui layanan Campus Workshop yang komprehensif, dibimbing.id membawakan rangkaian pembelajaran bersama para mentor pilihan yang ahli di bidangnya.

Materi yang diajarkan mencakup berbagai topik penting dalam pengembangan produk dan bisnis yang terbagi menjadi 3 (tiga) fase, yaitu:

  1. Product Solution Fit untuk materi Design thinking, User research, Ideation, Customer journey map, MVP Product dan Product metrics.
  2. Product Market Fit untuk materi Finance management, Marketing strategy, Legal, dan Product Market Fit.
  3. Scale Up untuk materi Product Innovation, Scalability, dan Presentation skill.

Demi mendukung pembelajaran menjadi lebih optimal, peserta juga diminta untuk mengerjakan tugas terkait inovasi produk, user research, pengukuran product metrics, pengembangan MVP, hingga pembuatan pitch deck, yang dikerjakan melalui kolaborasi antar founder start-up.

Seperti inovasi yang dihasilkan oleh Laboratory Hub by Pharm Ex milik sekelompok mahasiswa UI dalam menyediakan layanan pengujian dan penyewaan alat laboratorium.

Selain itu, pada sesi terakhir dibimbing.id turut memberikan materi pelengkap berupa keterampilan presentasi yang meliputi Effective Communication, Team Collaboration, Negotiation and Persuasion, Visual Communication, dan Communication in a Multicultural Environment.

Hal ini bertujuan untuk membekali para peserta dengan kemampuan komunikasi yang sangat dibutuhkan dalam mengembangkan suatu start-up di dalam dunia bisnis yang dinamis.

“Saya sangat berterima kasih kepada dibimbing.id karena telah menyediakan mentor-mentor berkualitas dan sangat sesuai dengan kebutuhan kami yang baru memulai usaha rintisan. Banyak ilmu serta latihan baru yang belum pernah saya dapat dan kerjakan." ujar Indah, pendiri start-up LATIH.

Sebagai perusahaan dengan visi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masa depan, dibimbing.id hadir dengan layanan Campus Workshop yang tidak hanya memberikan pelatihan untuk meningkatkan skill bagi mahasiswa tapi juga berkolaborasi dengan kampus-kampus di Indonesia dalam menyajikan event terkait pengembangan potensi mahasiswa di masa depan.

Zaky Muhammad Syah, CEO dari dibimbing.id, menjelaskan bahwa layanan Campus Training ini didesain untuk membantu Universitas dan Sekolah Tinggi lainnya dalam meningkatkan keterampilan para mahasiswa/i sebagai bekal tambahan menuju dunia kerja di masa depan.

Program Campus Training dibimbing.id menggunakan Learning Management System (LMS) yang terintegrasi, memungkinkan akses fleksibel dan pemantauan kemajuan secara real-time.

Zaky juga menambahkan bahwa dibimbing.id memiliki program  yang sangat terperinci dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dan kampus yang diraih lewat serangkaian asesmen awal.

Selain itu, dibimbing.id memastikan materi pelatihan benar-benar relevan dengan kebutuhan mahasiswa dan kampus di masa depan.