Mengenal Surat Referensi Kerja Beserta Contohnya
VIVA Edukasi – Surat referensi kerja adalah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menerangkan mengenai perilaku, jabatan dan kinerja seorang karyawan selama bekerja di perusahaan tersebut, sebagai bukti bahwa karyawan memiliki kinerja yang baik.
Surat ini umumnya dikeluarkan oleh seorang personalia atau orang yang memiliki kewenangan di perusahaan seperti manajer atau supervisor. Lalu untuk fresh graduate, dosen atau guru juga dapat dijadikan referensi membuat surat referensi kerja.
Surat referensi kerja merupakan lampiran pendukung yang sangat penting untuk melamar pekerjaan selain CV dan portofolio. Dengan membawa surat referensi kerja, kamu dapat meyakinkan HRD bahwa kamu merupakan kandidat yang layak mereka pertimbangkan.
Perbedaan surat referensi kerja dengan paklaring
Meski kegunaannya sangat penting di dunia profesional, namun masih banyak orang yang menganggap surat referensi kerja sama dengan paklaring. Padahal, keduanya merupakan jenis surat yang berbeda.
Seperti dirangkum dari beberapa sumber, Paklaring merupakan keharusan yang wajib diberikan perusahaan setelah jabatan berakhir dan hal itu sudah diatur oleh undang-undang. Sedangkan untuk surat referensi kerja dibuat secara khusus untuk karyawan yang memiliki kinerja baik.
Jika dilihat dari isinya, keduanya juga memiliki perbedaan yang sangat nyata. Paklaring hanya memberikan informasi perihal posisi, jabatan terakhir dan masa kerja. Sedangkan, surat referensi kerja dibuat lebih mendetail.
Orang yang dapat dijadikan referensi untuk membuat surat referensi kerja
Ada beberapa orang yang tentunya dapat dijadikan referensi pembuatan surat referensi kerja. Diantaranya:
1. Manajer
Manajer bisa digunakan sebagai referensi terbaik kamu, sebab mereka adalah orang yang paling mengenal kinerja selama kamu berada di bawah kepemimpinannya.
2. Dosen atau guru
Bagi kamu yang belum memiliki pengalaman bekerja atau fresh graduate, kamu dapat meminta bantuan dosen atau guru yang memiliki hubungan intens dengan-mu.
Isi surat referensi kerja
Adapun komponen yang harus dituliskan dalam surat referensi kerja adalah sebagai berikut:
1. Kop surat (Nama perusahaan, alamat, email dan nomor telepon perusahaan)
2. Perihal surat
3. Isi surat:
- Biodata karyawan
- Lama waktu bekerja dengan jabatan atau posisi terakhir
- Penilaian dari atasan.
4. Penutup
5. Pengesahan (tempat dan tanggal dibuatnya surat serta kamu tangan dan nama penkamu tangan).
Contoh surat referensi kerja
Demikian, pembahasan mengenai surat referensi kerja. Jika kamu masih belum memiliki surat referensi kerja, kamu dapat memintanya kepada yang bersangkutan untuk mempermudah langkahmu ke depan.
Cara meminta surat referensi kerja
Kamu bisa meminta surat referensi kerja secara langsung atau juga mengirim permintaan melalui e-mail. Jika kamu ingin meminta surat referensi kerja melalui e-mail, perhatikan beberapa poin berikut:
- Pengantar yang menjelaskan terkait kebutuhanmu akan referensi
- Pengingat singkat tentang tanggal kamu masuk kerja, di posisi apa kamu kerja, kontribusi apa yang telah kamu berikan
- Ucapan terima kasih karena telah bersedia membantu untuk menjadi referensi
- Nomor HP