Simak! Pengertian, Macam dan 7 Contoh Paragraf Deskripsi

Ilustrasi menulis
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Paragraf deskripsi adalah sebuah tulisan yang menggambarkan suatu objek berdasarkan hasil pengamatan, perasaan, dan pengalaman penulisnya.

Paragraf ini biasanya berisi kalimat yang memaparkan sebuah objek (benda atau makhluk hidup), agar pembaca mendapat kesan seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek tersebut. Untuk itu, penulis harus menggunakan diksi dan bahasa yang baik agar dapat mendeskripsikan objek secara rinci.

Setelah mengetahui penjelan singkat mengenai paragraph deskripsi, ada baiknya kamu mengetahui tujuan, macam pola, hingga deretan contoh dari paragraph deskripsi. Simak ulasan Viva sebagai berikut.

Ilustrasi belajar menulis | istock

Photo :
  • U-Report

Tujuan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi bertujuan untuk menggambarkan suatu objek pembaca seolah-olah melihat, merasakan atau mengalami objek dan peristiwa yang dideskripsikan penulis.

Macam/Pola Pengembangan Paragraf Deskripsi

  1. Deskripsi objektif adalah deskripsi paragraf yang dalam penggambaran objeknya tidak disertai dengan opini penulis.
  2. Deskripsi subjektif adalah deskripsi paragraf yang dalam penggambaran objeknya disertai dengan opini penulis.
  3. Deskripsi spasial adalah paragraf yang menggambarkan objek secara detail khususnya ruangan, benda,atau tempat.
  4. Deskripsi waktu adalah paragraf yang dikembangkan berdasarkan waktu peristiwa cerita tersebut.

Teks Struktur Deskripsi

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay

Dalam sebuah teks tentu ada struktur penulisannya, begitu pula dengan deskripsi teks. Simak detailnya berikut ini:

  • Judul
  • Hal yang menggambarkan isi teks.
  • Identifikasi/Gambaran Umum
  • Berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya, makna nama, atau pernyataan umum lainnya tentang objek.
  • Deskripsi Bagian
  • Berisi perincian bagian objek, dapat berisi apa yang dilihat, didengar, atau dirasakan oleh penulis.
  • Simpulan/Kesan
  • Bagian penutup yang berisi kesan dari penulis tentang hal yang dideskripsikan.

Contoh Paragraf Deskripsi 1

Buah kersen merupakan buah yang memiliki nama ilmiah Muntingia calabura. Buah ini berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau saat baru tumbuh. Menjelang matang, warna buah ini akan menguning dan perlahan-lahan menjadi merah saat matang. Diameter buahnya berkisar 1-1,5 cm. Tekstur buah ini sangat indah dan mirip seperti biji-bijian yang bentuknya sangat kecil, serta memiliki rasa yang manis.

Contoh Paragraf Deskripsi 2

Selama aku mengenalnya, dia adalah sosok yang baik dan menyenangkan. Dia juga selalu tahu bahwa saya sedang sedih atau tidak pernah muncul lagi seperti yang saya ceritakan padanya. Tak ayal, dia pun sering membantuku melewati masa-masa sulit yang kualami. Sayangnya, dia memiliki sifat yang tertutup dan terlalu lugas saat berbicara. Hal itulah yang membuat jumlah teman-temannya sedikit dibandingkan dengan yang lainnya. Padahal, jika orang-orang mau memahami dan menerimanya, mereka akan menerima perlakuan baik seperti yang telah saya terima.

Ilustrasi menulis.

Photo :
  • U-Report

Contoh Paragraf Deskripsi 3

Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kota. Rindang pohon-pohonnya. Tangan lautnya luas. Bagi penyelamat , Pantai Nusa Penida juga menawarkan keindahan ikan laut yang sedang berenang. Pemda Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan wisata alternatif.

Contoh Paragraf Deskripsi 4

Suasana pagi hari di Taman Wisata Kaliurang sangat sejuk. Kicau burung bersahut-sahutan. Semilir angin sepoi-sepoi menambah sejuknya udara pagi. Warna-warni bunga yang ada di taman membuat orang betah duduk. taman pepohonan. Taman itu juga beberapa patung bangau putih. Patung-patung itu terlihat sangat unik. Di tengah taman terdapat kolam. Di tengah kolam terdapat air mancur. Aneka mainan anak-anak turut melengkapi Taman Wisata Kaliurang.

Ilustrasi pebisnis menulis.

Photo :
  • U-Report

Contoh Paragraf Deskripsi 5

Jika diumpamakan permata, pesona pantai Nusa Penida bak mutiara yang memantulkan cahaya putih kekuning-kuningan, namun jika diibaratkan gadis maka pesonanya laksanakan sosok perawan kencur. Kiasan tersebut sepintas memang kedengarannya seperti berlebihan, namun itulah sesungguhnya kata yang paling tepat untuk menggambarkan pesona alam Pantai Nusa penida.

Contoh Paragraf Deskripsi 6

ruangan berukuran 9m x 8m ini sungguh sangat nyaman ditempati. Sebuah sofa empuk berwarna putih dengan meja kayu berada di tengah ruangan. Sementara itu, rak buku berisi beberapa novel dan buku-buku ilmiah diletakkan mepet dengan dinding sebelah selatan, bersanding dengan sebuah pot berisi pohon palem kecil yang seolah-akan menyatu dengan tembok yang dicat dengan warna hijau. Di luar ruangan, terdapat sebuah kolam kecil berukuran 2,5m x 2m berisi beberapa ikan koi yang berseliweran. Suara gemericik air dari kolam menambah sejuknya suasana di ruang tamu milik Pak Toni ini.

Contoh Paragraf Deskripsi 7

Sepak bola adalah permainan tim. Olahraga ini membutuhkan 11 orang pemain, yang umumnya terdiri dari penjaga gawang, pemain belakang, pemain tengah dan penyerang. Olahraga ini membutuhkan bola dan gawang sebagai alat pelengkap permainan. Tidak hanya itu, sepak bola juga membutuhkan wasit sebagai pengadil di lapangan. Olahraga ini berlangsung selama 90 menit dan terbagi menjadi dua babak di mana setiap babak selama 45 menit.