Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang dan Barang

Contoh Surat Kuasa
Sumber :

VIVA Edukasi – Pemberian kuasa diatur dalam Pasal 1792 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPer). Definisinya adalah suatu persetujuan dengan mana seorang memberikan kekuasaan kepada orang lain yang menerimanya, untuk dan atas namanya menyelenggarakan suatu urusan.

Berdasarkan buku Hukum Acara Perdata oleh M. Yahya Harahap, dari ketentuan pasal tersebut, terdapat dua pihak dalam perjanjian kuasa, yaitu:

Pemberi kuasa atau lastgever (instruction, mandate). Penerima kuasa atau disingkat kuasa yang diberi perintah atau mandat melakukan sesuatu untuk dan atas nama pemberi kuasa.

Sifat surat kuasa dibagi menjadi surat kuasa umum dan surat kuasa khusus. Dasar hukum surat kuasa umum tercantum dalam pasal 1796 KUHPer. Sedangkan surat kuasa khusus tercantum dalam pasal 1795 KUHPer.

Dilansir dari beberapa sumber. Berikut ini contoh surat kuasa pengambilan uang di bank dan surat kuasa pengambilan barang

Surat Kuasa Pengambilan Uang di Bank

                                                              SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Indra Kenanga 

Pekerjaan : Administrasi PT Berkah Maju

No. KTP : 3576**********03

Alamat : Jl. Wijayakusuma

Memberi kuasa kepada

Nama : Mustofa

Pekerjaan : Admin  No. KTP : 3576**********04

Alamat : Jl. Kapuk Timur

Untuk mengambil uang di Bank ABC dengan alamat kantor cabang di Jalan Duren Sawit, untuk saya yang memberi kuasa yakni dengan kriteria sebagai berikut: 

Besarnya uang : Rp5.000.000

No. Rekening : 731*****27

Demikian surat kuasa ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.                                                                                                                                              Jakarta, 20 Juli 2022           

            Pemberi Kuasa                                                                             Penerima Kuasa 

           (Indra Kenanga)                                                                                   (Mustofa)

Surat Kuasa Pengambilan Barang

                                                            SURAT KUASA

Yang bertanda dibawah ini 

Nama : Qory Fadlan

Pekerjaan : Marketing Manajer

Alamat : Jl. Swadaya

Memberikan kuasa kepada 

Nama : Fariq Rahman

Pekerjaan : Admin

Alamat : Jl. Keahlian

Pihak pertama telah memberikan kuasanya pada pihak kedua untuk dapat mewakili pihak pertama dalam mengambil barang berupa kamera di Pegadaian Duren Sawit.

Demikian surat kuasa ini dibuat, semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.                                                                                                                                   Jakarta, 2 Februari 2022 

          Penerima Kuasa                                                                           Pemberi Kuasa    

           (Fariq Rahman)                                                                             (Qory Fadlan)

Bagian-Bagian Surat Kuasa

tim kuasa hukum CSC menunjukkan surat laporan dari Polda Sumut

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Merangkum buku Panduan Lengkap Membuat Surat-surat Kuasa, surat kuasa memiliki berbagai bagian penting. Bagian-bagian dari surat kuasa tersebut adalah:

1. Judul

Judul dalam surat kuasa umumnya menyebutkan kata "Surat Kuasa" diikuti kepentingan sang pemberi kuasa. Contohnya, "Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan" atau "Surat Kuasa Pengambilan BPKB".

2. Kalimat pembuka

Pada pembukaan kalimat yang umum digunakan adalah identifikasi waktu dan tempat dibuatnya surat kuasa serta diikuti kalimat "Yang bertanda tangan di bawah ini:". Contohnya, "Pada hari ni, Senin tanggal 5 (lima) Februari 2012 (dua ribu dua belas), bertempat di Kantor Pemasaran PT.ABC, yang bertanda tangan di bawah ini:

3. Identitas Pemberi Kuasa

Identitas pemberi kuasa berisi nama, umur, pekerjaan, alamat, dan nomor kartu identitas yang dimiliki. Jika pemberi kuasa merupakan badan hukum, identitas yang dicantumkan adalah identitas orang yang berwenang memberi kuasa sesuai anggaran dasar atau peraturan yang berlaku di badan hukum tersebut.

4. Identitas Penerima Kuasa

Identitas penerima kuasa berisi nama, umur, pekerjaan, alamat, dan nomor kartu identitas yang dimiliki. Jika penerima kuasa merupakan badan hukum, identitas yang dicantumkan adalah identitas orang yang berwenang menerima kuasa sesuai anggaran dasar atau peraturan yang berlaku di badan hukum tersebut.

5. Pemberian Sifat Kuasa

Ada suda jenis pemberian sifat kuasa, yaitu umum dan khusus. Surat kuasa umum mencantumkan hal-hal umum kepengurusan, sedangkan surat kuasa khusus mengandung hal-hal khusus dan terbatas sesuai kehendak pemberi kuasa.

6. Perbuatan yang Dikuasakan

Bagian ini berisi perbuatan yang dikuasakan dari satu atau beberapa orang pemberi kuasa kepada satu atau beberapa orang penerima kuasa. Perbuatan penerima kuasa tidak boleh melampaui apa yang telah dituliskan dalam surat kuasa.

7. Penutup

Kalimat penutup kuasa berisi pesan terakhir sebelum pelaksanaan kuasa atau waktu pembuatannya. Contoh: "Demikian surat kuasa ini diberikan untuk dikerjakan dengan itikad baik dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya." Itulah contoh surat kuasa pengambilan uang dan ijazah serta penjelasan mengenai unsur dan bagiannya.