Bacaan Sholawat Nariyah Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Sholawat Nariyah
Sumber :
  • Iqra.id

VIVA – Sholawat Nariyah adalah salah satu bacaan sholawat yang diajarkan dalam agama Islam. Sholawat sendiri merupakan sebuah bacaan yang umumnya dilantunkan oleh umat muslim untuk berdoa kepada Allah SWT dan sebagai bentuk pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat Nariyah ini merupakan salah satu sholawat yang terkenal di kalangan umat muslim yang mempunyai berbagai manfaat dan keutamaan tersendiri untuk para pembacanya. 

Sholawat ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tapi, akan lebih baik apabila membaca sholawat setelah kita menjalankan ibadah sholat. Salah satu hadis yang begitu populer sehingga membuat kita rajin untuk melantunkan sholawat bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: ”Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya.”

Selain itu, sholawat juga ada di dalam Al Quran, salah satunya adalah: "Mereka itulah yang mendapat sholawat (keberkahan yang sempurna) dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. Al-Baqarah: 157). Ayat ini menjelaskan bahwa Allah pun bersholawat kepada orang-orang sabar saat ditimpa musibah. Nah, berikut adalah bacaan sholawat Nariyah selengkapnya yang disadur dari berbagai sumber. 

Sholawat Nariyah

Kisah Pernikahan Nabi Adam dan Hawa dengan Maskawin Membaca Sholawat

Photo :
  • U-Report

Beberapa sumber mengatakan bahwa sholawat Nariyah merupakan sebuah lantunan yang disusun oleh Syekh Nariyah. Beliau hidup di zaman Rasulullah SAW dan termasuk ke dalam salah seorang sahabat Nabi. Syekh Nariyah kerap melihat kerja keras Nabi saat menyampaikan wahyu Allah dan mengajarkan agama Islam, perbuatan saleh, dan akhlaqul karimah. Maka dari itu, beliau selalu berdoa kepada Allah SWT untuk memohon keselamatan Nabi. 

Bacaan Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah

Photo :
  • Iqra.id

Allahumma sholli sholatan kamilatan wa sallim salaaman taamman 'ala sayyidinaa Muhammadin alladz tanhallu bihil 'uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaaiju wa tunaalu bhir raghaa'ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa 'alaa aalih, wa shahbih fii kullii lanhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Keutamaan Sholawat Nariyah

Rajin membaca sholawat Nariyah tidak hanya akan mendatangkan pahala dan juga keberkahan dari ALlah SWT. Akan tetapi juga akan mendatangkan berbagai keutamaan dan kebermanfaatan lain yang akan membuat hidup kamu menjadi lebih tenang. Nah, berikut adalah berbagai keutamaan dari membaca sholawat Nariyah. 

1. Menghilangkan Kesedihan dan Meringankan Masalah

Ilustrasi orang mendapatkan masalah.

Photo :
  • U-Report

Bila saat ini kamu tengah mengalami berbagai masalah atau tengah ditimpa dengan berbagai hal yang membuat diri kamu sedih, sholawat Nariyah adalah salah satu penawar dari kesedihan yang dialami. Karena salah satu keutamaan dari membaca sholawat yang bisa dirasakan adalah bisa menghilangkan kesedihan dan meringankan masalah yang tengah dihadapi. 

Hal ini seperti yang ada di dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabir bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Siapa membaca salawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca salawat kepadaku 100 kali maka Allah akan menjabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat dan 30 di dunia. Dan hadits Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah salawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan."

2. Mempermudah Berbagai Urusan

Ilustrasi sibuk bekerja.

Photo :
  • U-Report

Ketika kamu hidup di dunia, pasti kamu akan mempunyai urusan masing-masing. Tidak jarang, dari berbagai urusan tersebut akan timbul masalah yang cukup pelik lantaran kesulitan untuk menyelesaikannnya. Oleh sebab itu, salah satu dari keutamaan membaca sholawat Nariyah adalah Allah SWT akan membantu dan memudahkan berbagai urusan dunia yang tengah dihadapi. 

3. Terlindung dari Penyakit dan Marabahaya

Ilustrasi penyakit asam urat.

Photo :
  • U-Report

Keutamaan berikutnya saat kamu membaca sholawat Nariyah adalah akan dilindungi oleh berbagai penyakit dan marabahaya oleh Allah SWT. Dengan rajin melantunkan sholawat, kita akan meminta berkah kepada Allah SWT bukan hanya dalam bentuk materi atau pahala, tapi juga perlindungan-Nya supaya selalu dalam keadaan selamat di dunia maupun di akhirat nanti. 

4. Pembuka Rezeki

Ilustrasi mencari rezeki.

Photo :
  • U-Report

Mungkin bila kamu kembali membaca sholawat Nariyah di atas sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Karena, sholawat tersebut memang kerap dibacakan dan diperdengarkan di banyak masjid saat waktu sholat akan tiba. 

Semakin sering kita membaca sholawat tersebut, maka Allah SWT akan mengangkat derajat kita dan membuka pintu rezeki yang tidak terputus. Oleh sebab itu, bila sedang tidak melaksanakan apapun, alangkah lebih baiknya bila kita melaksanakan kegiatan bermanfaat seperti membaca sholawat tersebut. 

5. Sebagai Doa agar Dikabulkannya Hajat

ilustrasi berdoa

Photo :
  • Freepik

Keutamaan berikutnya dari membaca sholawat Nariyah merupakan dikabulkannya hajat atau keinginan yang selama ini sudah diharapkan. Keutamaan tersebut sesuai dengan hadis berikut ini.

"Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

6. Derajatnya Diangkat di Masyarakat

Ilustrasi bersyukur.

Photo :
  • U-Report

Barangsiapa yang membaca sholawat Nariyah sebanyak 11 kali setiap hari, niscaya Allah SWT akan mengangkat derajatnya di mata masyarakat dan juga dimudahkan untuknya dalam mencari rezeki. 

Demikianlah ulasan tentang sholawat Nariyah yang dapat membawa berkah untuk siapa saja yang mengamalkan sholawat tersebut. Untuk cara membaca sholawat ini tidak ada ketentuan secara khusus, tapi yang paling utama adalah dibaca dengan rajin setiap hari. Kemudian usahakan juga sebelum membaca sholawat ini kita dalam keadaan suci dan tidak dilaksanakan sembari melakukan aktivitas lain.