14 Nama-nama Sudut dalam Matematika, Ada Lancip Hingga Supplementer

Sudut Siku-siku
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Nama-nama sudut wajib diketahui oleh semua orang sebagai bahan dari pengetahuan umum. Sebab, dalam kehidupan sehari-hari kita pasti selalu melihat berbagai jenis sudut. Sebelumnya pasti kamu mengenal nama-nama sudut ini melalui pelajaran matematika, baik di sekolah dasar maupun sekolah menengah. Akan tetapi, biasanya tidak semua jenis sudut dalam matematika disampaikan oleh tenaga pendidik di bangku sekolah. Mayoritas para pelajar di Indonesia hanya mengetahui beberapa jenis sudut dalam matematika tersebut. 

Nama-nama sudut yang diketahui ini yaitu seperti sudut siku-siku, tumpul, dan lancip. Padahal, ada berbagai jenis sudut dalam matematika yang harus diketahui. Secara umum, sudut adalah bentuk yang dihasilkan dari dua garis, beserta dengan arah yang menyebar dari satu titik yang disebut pula dengan titik vertex. Besaran sudut ini umumnya dijelaskan dengan satuan derajat. Besar maksimal sudut yang terdapat di dalam sebuah bidang atau ruang yaitu mencapai 360 derajat. Lalu, apa saja nama-nama sudut tersebut? Simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. 

Pengertian Derajat dan Radian

Sudut Penuh

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ketika menerangkan berbagai nama-nama sudut, kamu mungkin kerap menemukan satuan yang memakai derajat. Sebetulnya bukan hanya derajat, tapi untuk menyatakan besaran sudut ini bisa juga dengan memakai satuan radian. Dalam satu putaran sudut penuh mempunyai sudut 360 derajat atau 2? radian. 

Pada satu derajat penuh, sudutnya mencapai 360 derajat. Artinya, setiap 1 derajat memiliki arti 1/360 putaran dalam mengelilingi satu putaran sudut penuh. Sementara radian merupakan satuan ukuran pusat lingkaran yang memotong busur dengan panjang sama dengan radius lingkaran. Dalam satu putaran penuh mempunyai sudut 2radian. 

Nama-Nama Sudut Individual

1. Sudut Lancip

Sudut Penuh

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kemudian ada sudut penuh yang mempunyai arti sebuah sudut yang mempunyai besaran 360 derajat. Nama-nama sudut yang satu ini cenderung membentuk daerah lingkaran penuh. Sudut tersebut di dalam bahasa Inggris biasanya disebut sebagai complete angle. 

7. Sudut Lurus

Nama-nama sudut berikutnya adalah sudut lurus yang mempunyai ukuran berupa 180 derajat. Sehingga, sudut lurus ini akan membentuk satu garis lurus yang tegak. Dalam bahasa Inggris, sudut yang satu ini dinamakan sebagai straight angle

Nama-nama Sudut Ekuivalen

1. Sudut Kongruen

Sudut Kongruen

Photo :
  • Tangkapan Layar

Sudut yang satu ini dibedakan menurut sudut pasang ekuivalennya. Pertama, yaitu sudut kongruen atau yang mempunyai besaran yang sama. Ciri lain dari sudut yang satu ini adalah adanya sisi-sisi yang sama panjang dan bersesuaian. Biasanya, sudut ini ada dalam sebuah bangun datar. 

2. Sudut Koterminal

Sudut Koterminal

Photo :
  • Tangkapan Layar

Nama-nama sudut ini mungkin jarang kamu dengar terutama yang tidak menyukai mata pelajaran matematika. Sudut koterminal memiliki ciri pada sisi terminal yang terbagi tapi ukurannya berbeda dengan kelipatan bilangan bulat untuk satu putaran penuh. Sementara itu, sudut koterminal bisa ditemukan dengan menjumlahkan sudut dengan beberapa kali putaran penuh dari 360 derajat. 

3. Sudut Referensi

Sedangkan sudut referensi adalah sudut tertentu yang dioperasikan dengan pengurangan atau penambahan satu sudut lurus dari pengulangan putaran. Biasanya, sudut referensi ini akan selalu bernilai positif dalam kisaran 0 sampai 90 derajat. 

Nama-nama Sudut Berdasarkan Posisinya

1. Sudut Vertikal

Sudut Vertikal

Photo :
  • pngdownload.id

Kemudian nama-nama sudut juga bisa ditentukan dengan dua garis lurus yang saling berdekatan dan membentuk irisan tertentu. Sudut ini dikatakan sebagai sudut yang mempunyai relasi satu sama lain. Salah satunya adalah sudut vertikal. Sudut ini adalah hasil dari garis mendatar dan satu titik tertentu. Biasanya, sudut ini kerap dipakai untuk mengukur tanah atau lain sebagainya. 

2. Sudut Damping

Nama-nama sudut berikutnya adalah sudut damping. Damping allah istilah untuk sudut yang saling berdekatan satu dengan yang lain. Secara umum, sudut yang satu ini mempunyai sisi dan titik yang sama. Akan tetapi, sudut damping lebih condong tidak mempunyai ruang interior yang sama. 

3. Sudut Komplementer

Sudut Komplementer

Photo :
  • pngwing.com

Dalam sudut komplementer ini, jenis sudut tersebut akan bisa mempertemukan dua sudut bersebelahan yang jumlah keduanya tepa dalam 90 derajat. 

4. Sudut Supplementer

Nama-nama sudut ini adalah jenis sudut yang bisa dipertemukan dengan dua sudut yang letaknya bersebelahan di mana jumlah keduanya akan tepat sebesar 180 derajat.