Begini Cara Mudah Membuat Ukuran Kertas Folio, Mudah dan Praktis!

Folio with MS Word
Sumber :

VIVA – Penting bagi kita mengetahui, cara membuat ukuran kertas folio yang hendak kita gunakan untuk mengerjakan suatu dokumen maupun mencetak beberapa dokumen tertentu.

Sebelum membuat sebuah dokumen dan mencetaknya pada kertas folio, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu pengaturan ukuran kertas folio itu sendiri. Pasalnya, hal tersebut penting untuk kita lakukan.

Hal tersebut lantaran, tak jarang ada beberapa bagian dokumen yang meminta jenis ukuran yang spesifik dan sesuai dengan kebutuhan.

Terlebih, jika Anda ingin mencetaknya dengan menggunakan alat printer, tentu saja ukuran kertas folio harus benar-benar diperhatikan. Tidak sama dengan menggunakan kertas biasa, ukuran kertas folio harus lebih diperhatikan lebih lantaran agar teks maupun gambar  yang pada dokumen tersebut terpotong begitu saja.

MS Word.

Photo :

Dan nantinya menghasilkan cetakan dokumen yang buruk. Untuk ukuran kertas folio sendiri memiliki standar yang ada, yakni 210 mm x 330 mm atau 21 cm x 33 cm. Jika Anda ingin tahu bagaimana ukuran kertas folio, Anda bisa mengukurnya seperti yang dijual secara umum biasanya disebut dengan kertas F4.

Cara Membuat Ukuran Kertas Folio pada Word

Sebelum mengerjakan dokumen yang tengah dibuat, perhatikan lebih dulu pengaturan yang ada pada ukuran kertas folio atau yang biasa disebut dengan kertas F4 ini.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah dalam membuat ukuran kertas folio pada dokumen Anda. Sebut saja misalnya, pada Word, ukuran bawaan atau default yang ada yakni adalah ukuran A4, dengan ukuran 210 mm x 297 mm atau dengan kata lain 21 cm x 29,7 cm.

Dan berikut ini ada cara membuat ukuran kertas folio pada Ms Word, yang perlu Anda perhatikan:
1. Pertama-tama, buka dokumen yang kamu kerjakan pada Microsoft Word.
2. Selanjutnya kemudian, klik ‘Page Layout’ di panel bagian atas.
3. Klik menu ‘Size’. Sebab, ukuran kertas folio tidak otomatis tersedia. Kemudian, Anda perlu melanjutkan pengaturan dengan klik ‘More Paper Size’.
4. Setelah halaman ‘Page Setup’ terbuka, lanjutkan Anda klik dengan memilih ‘Paper’.
5. Pada bagian ukuran, masukkan ukuran kertas folio, yaitu 210 mm x 330 mm atau 21 cm x 33 cm. Dokumen yang kamu kerjakan akan berganti jenis kertas menjadi kertas folio.

Kendati Anda sudah mengaturnya sebaik mungkin dan sesuai aturan, Anda tetap harus memerhatikan beberapa pengaturan sebelum mencetak dokumen yang baru saja Anda buat. 

Cara membuat folio dengan word.

Photo :

Selain pada Ms Wordnya, ukuran kertas folio juga perlu memperhatian pengaturan printnya untuk jenis ukuran kertas folio. Sebelumnya, Anda harus lebih dulu melakukan pengaturan pada print dengan mengubah ukuran kertas folio lebih dulu.

Adapun cara melakukan pengaturan print pada dokumen dengan ukuran kertas folio yang ada pada MS. Word, sebagai berikut ini.

1. Lebih dulu Anda harus menglik ‘File’ di pojok kiri atas, kemudian pilih opsi ‘Print’.
2. Jika sudah, setelah  itu Anda perlu memilih mesin cetak yang akan digunakan, lakukan pengaturan dengan klik ‘Printer Properties’ di sebelah bawah nama mesin cetak tersebut.
3. Kemudian, Anda bisa mengubah ukuran cetakan dokumen pada bagian ‘Document Size’. Dikarenakan ukuran kertas folio tidak otomatis tersedia, lanjutkan pengaturan dengan klik ‘User-Defined’.
Jika kotak dialog ‘User-Defined Paper Size’ sudah terbuka, masukkan ukuran kertas polio, yaitu 210 mm x 330 mm atau 21 cm x 33 cm pada kotak yang disediakan.
4. Lanjutkan dengan Anda hanya mengklik ‘OK’. Setelah itu, klik ‘OK’ lagi. Lalu, klik ‘Print’ dan dokumen tadi akan tercetak langsung dalam ukuran kertas folio.

Cara Membuat Ukuran Kertas Folio dalam Berbagai Satuan

Kertas folio pastinya sudah tidak asing lagi dalam pembuatan dokumen tulisan. Nah berikut ini akan kami jabarkan beberapa ukuran kertas folio dalam berbagai satuan, mulai mm, cm, dan juga inci.

1. Ukuran Kertas Folio dalam Satuan MM

Ukuran kertas F4 dalam mm (Millimeter) adalah panjang 215 x  lebar 330 mm.

2. Ukuran Kertas Folio dalam Satuan CM
Ukuran kertas Folio dalam cm (Centimeter) adalah panjang 21.5 x lebar 33 cm.

3. Ukuran Kertas Folio dalam Satuan Inci

Ukuran kertas F4 dalam inchi adalah panjang 8.46 x  lebaran12.99 in

4. Ukuran Kertas Folio dalam Satuan Pixel

Nah berikut ini terdapat ukuran kertas Folio dalam satuan pixel yang disesuaikan dengan konfigurasi jumlah titik warna setiap inchi atau yang disebut DPI (dots per in). 

Dots dalam ilmu grafis komputer yaitu titik warna yang disebut sebagai pixel.

- Ukuran kertas Folio dalam pixel (72 DPI) = 609 x 935 pixel.
- Ukuran kertas Folio dalam pixel (96 DPI) = 813 x 1247 pixel.
- Ukuran kertas Folio dalam pixel (150 DPI) = 1270 x 1949 pixel.
- Ukuran kertas Folio dalam pixel (300 DPI) = 2539 x 3898 pixel.

Penggunaan Ukuran Kertas Folio

Biasanya penggunaan ukuran kertas folio digunakan untuk membuat dan mencetak dokumen tulisan tertentu. Sebut saja misalnya, dokumen kantor, skripsi, majalah, gambar, dan masih banyak lagi lainnya.