Perluas Pasar Pembeli, Plasa Menggandeng eBay

Kerjasama Plasa.com dan eBay
Sumber :

VIVAnews - Situs web e-commerce Plasa.com menggandeng raksasa e-commerce dunia eBay menyediakan program jual beli online berskala global bagi pengguna lokal.

Dalam sebuah program bertajuk 'Cross Border Trading', pengguna Plasa.com bisa memasarkan barang dagangannya melalui toko online global milik eBay. "Tujuannya membina merchants (pedagang online) yang serius untuk berjualan di luar negeri melalui eBay," kata Shinta W Dhanuwardoyo, CEO Plasa.com, Mojopia, kepada VIVAnews melalui email, Minggu 10 Oktober 2010.

Namun untuk mengikuti program ini, Plasa.com baru memberi kesempatan bagi para pengusaha Indonesia yang memenuhi kriteria tertentu. "Kita tak membatasi berapa pengusaha yang akan kita pilih, namun lebih kepada pengusaha-pengusaha yang memang siap untuk berjualan ke luar negeri, dan berpenghasilan kira-kira 50 juta perbulan dari tokonya," kata Shinta.

Bagi penjual atau pengguna yang memenuhi kriteria, Plasa.com akan memberikan pendampingan kepada mereka agar bisa mengetahui cara yang efektif untuk melakukan riset pasar, melakukan pencarian dan pemasaran produk, serta menyediakan layanan pelanggan untuk sektor pedagang.

Ketika mendaftar ke akun eBay, penjual tidak perlu membayar ke eBay. Namun penjual baru akan membayar apabila produknya sudah berhasil terjual. "Ada listing fee maupun fee dari pembelian," kata Shinta.

Menurut Shinta, program kerjasama antara kedua pihak itu akan berjalan selama setahun. Saat ditanya apa keuntungan program ini bagi Plasa.com, Shinta mengatakan, "Kita bagi hasil dari listing fee yang dibayarkan oleh Merchant." Sayangnya ia tak mengungkapkan persentase yang didapatkan Plasa.com dari bagi hasil tersebut.

Sementara, eBay menilai, Indonesia kini tengah mengalami peningkatan pertumbuhan yang tajam di dunia internet. "Indonesia merupakan pasar online yang tumbuh pesat dengan potensi yang sangat besar," kata Oliver Hua, Chief Operating Officer eBay, yang membawahi China daratan, Asia Tenggara dan Jepang, melalui rilis resmi yang diterima VIVAnews.

Shinta mengaku belum tahu sudah berapa banyak penggunanya yang mengikuti program ini, karena baru saja diluncurkan Kamis pekan lalu. Ia juga belum bisa mengklasifikasikan item-item penjualan apa saja yang banyak ditawarkan melalui program tersebut.

Hanya saja, menurut Shinta beberapa kategori penjualan yang paling laris di Plasa.com adalah dari kelompok gadget, pakaian, dan buku. sejak diluncurkan awal tahun ini, Plasa.com mengklaim, kini telah memiliki 550 ribu anggota aktif.

Sementara, eBay, adalah salah satu situs e-commerce terbesar di dunia dengan sekitar 90 juta pengguna aktif yang telah berdiri sejak 1995 dan berbasis di San Jose California AS. Untuk program ini, Plasa.com dan eBay telah menyiapkan portal co-branding yang dapat diakses melalui http://www.plasa.com/ebay atau http://sea.ebay.com/plasa.(ywn)