Program Ini Bantu Startup Lokal Cuan

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • Rentoday

Jakarta, VIVA – Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemenkomdigi) menyebut nilai ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai Rp22.513 triliun pada 2045.

Selain itu, laporan Tinc Impact Report 2023 menunjukkan bahwa 96 persen pendiri perusahaan yang mengikuti program inkubator atau akselerator startup merasakan dampak positif pada bisnisnya.

Telkomsel, melalui program startup incubator NextDev yang memasuki tahun ke-10, terus memperluas akses bagi startup digital di Indonesia untuk mengembangkan kapabilitas mereka.

Rangkaian NextDev ke-10 menghadirkan sejumlah inovasi, seperti kurikulum NextDev Academy tahun ini yang diperkuat dengan kurikulum integrasi teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendorong kapabilitas, etika bisnis, dan inovasi yang berdampak.

Lalu, kolaborasi dengan International Hub Connector guna memperluas peluang global bagi startup peserta.

"Sederet alumni terbaik dari program sebelumnya dan ekosistem inovasi Telkomsel juga akan berperan sebagai co-mentor dalam Startups Scouting dan Summit," kata Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, di Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2024.

Selama satu dekade terakhir, NextDev telah menjadi platform bagi startup Indonesia untuk tumbuh dan berkontribusi membangun ekosistem digital yang semakin inklusif dan berkelanjutan.

"Ke depannya, Telkomsel akan terus mendorong kolaborasi lintas sektor dan mendukung pertumbuhan ekosistem digital yang memungkinkan startup Indonesia menghadapi tantangan global serta menghadirkan solusi berdampak positif bagi masyarakat dan industri," tuturnya.

Dalam rangkaian NextDev ke-10, pendaftaran Startups Scouting dibuka secara online pada 24 Oktober-30 November 2024.

Selama periode ini, Open Session akan berlangsung di empat lokasi, mulai dari Bandung (24 Oktober), Makassar (7 November), Batam (14 November), hingga Bali (21 November).

Di setiap lokasi tersebut juga akan dibuka sesi Local Pitch untuk meraih akses langsung ke 24 besar kompetisi.

Pada awal 2025, 10 startup terbaik dari tiga kategori utama - Productivity Enhancement, Emerging Technologies, dan Digital Lifestyle - akan dipilih untuk mengikuti NextDev Academy selama empat bulan.