Fitur Ini Bantu Kurangi Emisi Karbon

Ilustrasi jejak karbon.
Sumber :
  • ESCP Business School

Jakarta, VIVA – Emisi karbon mengacu pada pelepasan gas karbondioksida (CO2) dan gas rumah kaca lainnya ke atmosfer.

Gas-gas ini terutama berasal dari pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas alam, serta dari kegiatan manusia lainnya seperti deforestasi, pertanian, dan industri.

Dalam rangka menanggulangi perubahan iklim, Indonesia menargetkan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada 2030.

Hal ini tertuang dalam dokumen Nationally Determined Contribution (NDC) yang diperbarui pada 2021.

Satu di antara banyak kegiatan untuk menekan emisi karbon adalah penanaman pohon, seperti yang dilakukan Bank Mandiri, melalui fitur Livin' Planet, bersama Jejakin, di Desa Sidodado, Jember, Jawa Timur.

Tiga ribu pohon yang akan ditanam adalah pohon alpukat dan aren, yang dipilih tidak hanya karena kemampuannya dalam menyerap karbon secara signifikan, tetapi karena kedua pohon tersebut memiliki manfaat ekonomi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Menurut Kepala Eksekutif Jejakin, Arfan Arlanda, kedua pohon tersebut memiliki kemampuan menyerap emisi yang cukup besar, di mana pohon alpukat mampu menyerap 37.37 kgCO2e, sementara pohon aren menyerap 140.27 kgCO2e (dalam masa hidup 8 tahun).

Selain itu, pohon alpukat memiliki nilai komersial tinggi dan pohon aren menyediakan bahan baku yang dapat menghasilkan gula aren.

"Kombinasi antara pohon alpukat dan aren tidak hanya mampu menyerap emisi karbon dengan baik, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi ekonomi masyarakat setempat," kata Arlan.

Keberadaan fitur Livin' Planet juga diharapkan dapat menjadi solusi praktis bagi nasabah untuk berkontribusi langsung terhadap pelestarian lingkungan.

Proses penghitungannya sederhana. Nasabah cukup memasukkan data aktivitas dan kalkulator otomatis menghitung total emisi karbon yang dihasilkan. Setelah itu, nasabah dapat memilih opsi untuk menanam pohon.

Fitur Livin' Planet merupakan hasil kolaborasi antara Livin’ Sukha dan Jejakin, perusahaan teknologi lingkungan dari Indonesia, dengan tujuan memperkuat komitmen Bank Mandiri terhadap sustainability (keberlanjutan) dan upaya pengurangan emisi karbon, serta merayakan hari jadinya ke-26 tahun.

"Livin' Planet adalah karbon kalkulator yang dirancang untuk mempermudah nasabah Bank Mandiri dalam menghitung jejak karbon dari aktivitas sehari-hari, seperti penggunaan listrik, transportasi, dan kegiatan lainnya," ungkap Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Alexandra Askandar.