'DNA Kami adalah Kepuasan Konsumen'
- BliBli
VIVA Tekno – E-commerce milik Grup Djarum, Bibli, meyakini metode yang menggabungkan belanja multi saluran atau omnichannel akan menjadi sangat penting ke depannya.
"Jadi, omnichannel itu masa depan kita. Sebab, konsumen butuh interaksi. Dan, yang paling konsumen cari untuk kebutuhan sehari-sehari meliputi sandang dan pangan," kata Senior Vice President O2O Blibli David Michum di Jakarta, Senin, 25 Juli 2022.
Ia juga menekankan ada dua tujuan mengapa menerapkan omnichannel. Pertama adalah kepuasan konsumen. David mengaku jika kepuasan konsumen merupakan faktor yang utama.
"Itu (kepuasan konsumen) DNA kita," jelasnya. Kedua yaitu kenyamanan, karena omnichannel menciptakan fleksibilitas.
"Kami berkomitmen untuk menciptakan ekosistem. Tahun 2016 misalnya, Blibli Install diperkenalkan. Lalu, tahun 2018, click n collect resmi diluncurkan, di mana konsumen bisa cek lebih dulu secara online terus bisa menentukan produk yang bisa dibeli dan diambil di Blibli Mart," papar David.
Kemudian, pada 2019, Blibli Mitra dirilis untuk meningkatkan literasi digital ke UMKM seperti warung dan toko kelontong untuk mendongkrak penjualan mereka. "Poinnya adalah UMKM. Kita bisa membantu dan meningkatkan customer experience," tutur dia.
Pada kesempatan yang sama, Wisnu Iskandar selaku Executive Vice President Trade Partnership Blibli, mengaku pada tahun ini masih berfokus pada dua sektor, yakni FMCG (fast moving consumer goods) dan smartphone (ponsel pintar).
"Untuk ponsel berhasil menguasai hampir 35 persen seluruh penjualan di Blibli," klaimnya.