Bantu UMKM Naik Kelas, Gojek Sediakan Selly

UMKM kuliner
Sumber :
  • GoFood

VIVA – Salah satu masalah yang dihadapi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah saat terjun ke dunia digital, yakni saat pesanan mulai bertambah lebih dari perkiraan. Aplikasi yang tersedia untuk menanganinya memang banyak tersedia, tapi fitur yang ditawarkan terkadang tidak sesuai kebutuhan.

Hal itu yang coba dijembatani oleh Gojek, yakni dengan mengenalkan aplikasi bernama Selly. Vice President of Merchant Marketing Gojek, Diera Yosefina Hartono menjelaskan, jika aplikasi Selly merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Gojek untuk memfasilitasi pengusaha UMKM memproses pesanan.

Selly adalah aplikasi keyboard dan dashboard yang dapat menjadi andalan para mitra UMKM, untuk melayani pelanggan dan mengelola bisnisnya secara online dan modern. Fitur yang ditawarkan mulai dari autotext untuk membuat template seusai kebutuhan, hingga mengecek ongkos kirim secara real time dari berbagai ekspedisi.

Tersedia juga fitur pengiriman invoice untuk membuat tagihan secara otomatis dengan berbagai pilihan format pesanan, dan fitur pengingat pelanggan.

Dashboard Selly memungkinkan pemilik usaha untuk memeriksa laporan penjualan, lalu ada juga fitur asisten penjualan yang membantu mengecek data pelanggan, pencetak label pengiriman, pengingat harian, hingga pemesanan logistik.

“Solusi yang ditawarkan Gojek ini akan membantu UMKM untuk go digital. Ada fitur invoicing, order management, jasa pengiriman, autotext, dan keyboard,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 12 Agustus 2020.

Gojek juga mengenalkan laman www.melajubersamagojek.com, yang menyediakan informasi mengenai sejumlah solusi untuk memudahkan pelaku UMKM menjalankan usahanya. Seperti MidTrans Payment Link sebagai solusi pembayaran, aplikasi GoBiz untuk manajemen usaha, dan aplikasi kasir online Moka.

“UMKM memanfaatkan apa yang sudah diberikan ini, dan belajar agar mereka naik kelas,” tutur Direktur Utama SMESCO, Leonard Theosabrata.