51 Persen Pasar Consumer Notebook Awal 2017 Dikuasai Asus
- m.chandrataruna/VIVAnews
VIVA.co.id – Lembaga riset IDC mengungkapkan sekitar 2,2 juta unit notebook terjual untuk berbagai segmen di Indonesia. Dari angka itu, 47 persen diklaim sebagai notebook consumer Asus.
Angka itu merupakan raihan sepanjang tahun 2016 lalu. Namun sayang, IDC tidak memberikan detil berapa unit total penjualan notebook consumer Asus tahun lalu.
Sedangkan di awal tahun ini Asus diklaim menguasai sekitar 51, 7 persen pangsa pasar. IDC menyebutkan, di kurun waktu tersebut, selisih Asus dengan produsen terbesar kedua di Indonesia telah mencapai sekitar 33 persen. Bahkan jika total market share produsen peringkat kedua digabungkan dengan total market share milik produsen terbesar ketiga dan keempat, penguasaan pasar ASUS di notebook consumer masih lebih besar.
Serupa dengan IDC, lembaga riset GfK juga menyebutkan bahwa pangsa pasar Asus di Indonesia untuk perangkat mobile computing terus menguat. Jika di akhir kuartal ketiga lalu Asus menguasai 35 persen pasar, di akhir kuartal keempat 2016 angkanya mencapai 35,9 persen. Bila dibandingkan pada akhir kuartal keempat 2015, angkanya tumbuh sebesar 2,3 persen.
Diketahui, Asus Indonesia saat ini fokus untuk memasarkan notebook mainstream. Bahkan pada 2017 ini Asus semakin menggeluti segmen premium.
"Segmen ini sangat potensial untuk digarap karena menawarkan dinamika yang lebih luas dan sangat banyak varian produk yang bisa bermain di dalamnya," ujar Galip Fu, Country Marketing Manager, ASUS Indonesia.
Khusus untuk segmen tersebut, ASUS punya dua varian produk yang ditujukan untuk dua jenis pengguna, dengan segmen-segmen yang berbeda. ASUS ZenBook 3, perangkat notebook ultra tipis yang menawarkan performa dan kehandalan tinggi serta desain yang sangat menarik, dan juga ASUS Transformer 3, perangkat komputasi mobile 2-in-1 yang bisa menjadi notebook, tablet, atau bahkan dijadikan sebagai PC desktop. (ren)