Huawei Enggak Takut sama Apple dan Google

Produk Huawei.
Sumber :
  • Android Authority

Jakarta, VIVA – Huawei Technologies resmi meluncurkan sistem operasi atau OS seluler buatan sendiri yang sangat dinanti, HarmonyOS Next.

Raksasa teknologi China itu mengklaim kalau sistem operasinya sebagai alternatif iOS milik Apple dan Android milik Google, sekaligus menjawab kalau sanksi berlapis AS tidak terpengaruh.

"HarmonyOS Next akan tersedia di publik untuk Huawei Mate 60 series, ponsel lipat Huawei Mate X5, dan tablet Huawei MatePad Pro," kata Ketua Grup Bisnis Konsumen Huawei, Richard Yu Chengdong, seperti dikutip dari situs SCMP.

HarmonyOS Next, yang digadang-gadang sama Huawei dikembangkan sepenuhnya secara independen, tidak lagi mendukung aplikasi berbasis Android dan telah dijuluki 'darah murni' milik China.

"Hanya dengan ekosistem kami sendiri, HarmonyOS dapat benar-benar menjadi sistem operasi seluler," ungkap Wakil Ketua Huawei, Eric Xu Zhijun.

Huawei pertama kali meluncurkan HarmonyOS sebagai alternatif Android untuk pasar China pada Agustus 2019.

Peluncuran hanya beberapa bulan setelah AS memasukkan Huawei ke daftar hitam perdagangan yang memblokirnya membeli teknologi asal Paman Sam tanpa persetujuan Washington DC.

Rencana peluncuran HarmonyOS Next muncul beberapa hari setelah Kepala Keuangan Huawei, Meng Wanzhou – putri pendiri dan Kepala Eksekutif Huawei Ren Zhengfe – kembali mengambilalih pimpinan perusahaan.

Meng juga mengawasi peluncuran ponsel 5G andalan Huawei berikutnya, Mate 70, pada kuartal keempat tahun ini.