Cara Mudah Menghemat Listrik Rumah Tangga

Lemari pendingin atau kulkas
Sumber :
  • Aqua

Jakarta, VIVA – Memilih kulkas yang tepat dapat membantu keluarga Indonesia menghemat energi sekaligus menjaga tagihan listrik tetap terkendali. Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli dan merawat kulkas agar efisien dalam penggunaan listrik.

Pertama, pertimbangkan untuk memilih kulkas dengan teknologi inverter. Teknologi ini mampu menghemat energi hingga 30 persen. Kulkas berinverter, seperti yang dimiliki oleh produk Aqua, menggunakan kompresor dan motor kipas yang bekerja lebih efisien.

"Teknologi twin inverter memungkinkan penghematan energi serta mengurangi kebisingan," ujar Head of Product Planning Department Aqua Elektronik Indonesia, Meiriano Ullman, dikutip dari keterangan resmi.

Kedua, penting untuk memilih ukuran kulkas yang sesuai dengan kebutuhan. Lemari es yang terlalu besar dengan banyak ruang kosong atau terlalu penuh justru memerlukan lebih banyak energi.

"Kulkas yang terisi penuh lebih disarankan karena kompresor tidak perlu sering menyala dan mati, yang akan memperpanjang umur kompresor dan mengurangi biaya operasional," tambah Meiriano.

Selanjutnya, pengaturan suhu juga memegang peranan penting. Pastikan suhu kulkas diatur pada 3°C dan freezer pada -18°C untuk kinerja optimal. Jangan lupa untuk menempatkan kulkas di tempat yang teduh agar tidak bekerja lebih keras, terutama saat terkena sinar matahari langsung.

Selain itu, kebiasaan sehari-hari seperti tidak terlalu sering membuka pintu kulkas dan tidak memasukkan makanan panas ke dalamnya juga dapat mengurangi penggunaan energi.

"Membuka pintu kulkas terlalu sering akan meningkatkan kerja mesin untuk mendinginkan lagi, yang berujung pada penggunaan listrik lebih tinggi," jelasnya

Sebagai informasi, Aqua Elektronik belum lama ini meluncurkan kulkas dua pintu yang mengusung teknologi unggulan BEST, yakni freezer lebih besar, hemat energi dan turbo cooling.