Beda Vivo V40 Lite dan V40e, Lebih dari Sekadar Nama

Vivo V40.
Sumber :
  • Dok. Vivo

Jakarta, VIVA – Vivo V40 Lite dan V40e sama-sama akan rilis secara global pada Rabu, 25 September 2024. Namun, ada satu perbedaan mencolok dari keduanya. Apa itu?

Vivo V40 Lite

HP ini bakal segera dirilis di Indonesia yang menjanjikan desain premium yang dipadukan dengan fitur kecerdasan buatan (AI) seperti AI Erase dan AI Aura Light Portrait.

Dikutip dari keterangan resmi, 40 Lite bakal mengusung layar AMOLED dengan dukungan refresh rate 120Hz. Frame dibuat datar memberikan kesan kekinian.

Ada dua kamera tersemat di bagian belakang. Komposisinya kamera utama 50MP dipadukan dengan lensa ultra-wide 8MP. Pada bagian depan terdapat kamera 32MP.

Vivo V40 Lite dibekali serangkaian fitur AI yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman fotografi dan kreasi konten visual. Salah satu fitur unggulannya adalah AI Erase.

Sesuai namanya, fitur ini dapat menghilangkan objek yang tidak diinginkan dengan mudah dan natural, tanpa meninggalkan jejak bekas editing yang mencolok. Hasilnya seolah-olah objek tersebut memang tidak pernah ada.

Lalu, ada AI Aura Light Portrait yang memberikan efek cahaya yang lebih lembut dan merata, menghasilkan foto yang lebih dramatis dan estetis.

Melalui fitur tersebut, pengguna dijanjikan dapat menciptakan potret dengan efek pencahayaan artistik layaknya pemotretan studio.

Kemudian, fitur AI Photo Enhance yang mampu memperbaiki secara otomatis, mulai dari meningkatkan ketajaman, memperbaiki warna yang memudar, hingga menghilangkan noda dan goresan.

Hasilnya, foto-foto kenangan akan kembali tajam, cerah, dan penuh warna, seolah-olah baru saja diambil kemarin.

Vivo menjamin kesehatan baterai V40 Lite tahan hingga 4 tahun. Dengan dukungan fast charging 80W dijanjikan baterai 5.000mAh dapat terisi 0-45 persen hanya dalam waktu 15 menit.

HP Vivo V40 Lite bakal hadir dalam warna Titanium Silver, Carbon Black, dan Pearl Violet.

Vivo V40e

Vivo dipastikan akan memperkenalkan perangkat baru dari keluarganya, yaitu V40e. Sebelum perilisan resminya, vendor HP tersebut mengungkap sejumlah spesifikasi penting serta tanggal perilisannya.

Dilansir dari GSM Arena, dalam lembar spesifikasi yang beredar, terungkap sejumlah detail yang akan dibawa oleh Vivo V40e. Perangkat ini menghadirkan desain layar melengkung yang ciamik.

Vivo V40e nantinya membawa layar berukuran 6,77 inci 120Hz 1080p yang membuatnya lega. Secara tampilan, perangkat ini memang cukup berbeda dari seri lainnya.

Kamera Vivo V40e mengandalkan sektor utama 50MP dari Sony IMX882 dan OIS. Kamera utama ini dipadukan dengan sensor ultrawide 8MP serta kamera selfie 50MP di bagian depan.

HP baru Vivo ini membawa varian warna Royal Bronze dan Mint Green yang membuatnya ciamik. Menyempurnakan seluruh jeroan, Vivo V40e hadir dengan baterai 5.000mAh yang mendukung pengisian kabel 80W.

Baterai jumbo yang dibawa oleh Vivo V40e ini diklaim dapat digunakan untuk mendengarkan musik selama 98 jam serta menonton video YouTube selama 20 jam.

Tinggal menghitung jam hingga Vivo memboyong perangkat barunya ini ke pasar gadget. Detail lainnya mengenai harga Vivo V40e memang masih belum diketahui.

Dengan desain menawan, layar AMOLED 120Hz yang mulus, kamera 50 MP berkualitas, dan baterai jumbo 5000mAh, Vivo V40e siap menjadi pesaing serius di kelasnya.

Satu perbedaan mencolok keduanya adalah meski rilis bersamaan, yakni Rabu, 25 September 2024, tetapi Vivo V40 Lite meluncur dan ada di pasar Indonesia. Sedangkan, V40e rilis di India, namun belum ada informasi apakah akan dijual di Indonesia.