Lumix S9, Si 'Bestie' Content Creator

Panasonic Lumix S9.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA Tekno – Panasonic Gobel Indonesia resmi meluncurkan Lumix S9, kamera mirrorless full-frame terkecil dan teringan dalam seri Lumix S. Perangkat ini diklaim siap menjadi 'bestie' para content creator atau pembuat konten yang senang bepergian.

Lumix S9 dilengkapi dengan sensor CMOS full-frame sekitar 24,2 megapiksel yang setara dengan Lumix S5II, sehingga memberikan kemampuan untuk menangkap konten dengan detail yang kaya dan warna alami.

Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan teknologi Phase Hybrid Auto-Focus, yang menyediakan pelacakan subjek yang sangat baik, dan Active I.S., yang secara signifikan mengurangi blur akibat getaran kamera bahkan saat memotret dengan tangan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memotret dengan percaya diri dalam berbagai situasi.

Dengan fungsi Real Time Lut yang populer, Lumix S9 memungkinkan para content creator untuk menikmati berbagai gaya warna populer, klasik, atau kustom langsung di dalam kamera melalui tombol 'LUT' yang baru.

Aplikasi Lumix Lab yang baru juga memungkinkan pengguna mengembangkan file LUT warna unik mereka sendiri di smartphone, memberikan kemudahan untuk menghasilkan foto dan video yang dapat langsung dibagikan ke media sosial dalam 30 detik tanpa perlu pengeditan pascaproduksi di komputer.

Kecepatan transfer data dari kamera ke smartphone juga telah ditingkatkan dengan aplikasi Lumix Lab yang baru. Fitur ini memastikan para pengguna dapat berbagi hasil karya mereka dengan cepat dan efisien, memungkinkan alur kerja yang lebih lancar dan produktif.

Lumix S9 memperkenalkan format rekaman baru, MP4 Lite, yang memungkinkan perekaman Open Gate dalam 4:2:0 10 bit pada 30p/25p. Dengan format ini, pembuat konten dapat menangkap video berkualitas tinggi yang optimal untuk smartphone dan dengan mudah mengubah rasio aspek agar sesuai dengan media sosial menggunakan aplikasi Lumix Lab.

Alur kerja pengeditan yang efisien ini memungkinkan pembuat konten untuk memotret dan berbagi saat bepergian dengan lebih mudah. Lumix S9 juga menampilkan teknologi stabilisasi gambar saat sedang berjalan dengan 5-axis Dual I.S.2 yang memberikan kompensasi hingga 6,5 stop dan Body I.S dengan kompensasi hingga 5 stop.

Layar belakang free-angle pada Lumix S9 memberikan fleksibilitas tambahan, memungkinkan pemotretan dari berbagai sudut dengan mudah. Fitur ini sangat berguna bagi content creator yang membutuhkan perspektif unik dalam setiap bidikan.

"Lumix S9 diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para pembuat konten yang menginginkan perangkat yang ringan, ringkas, namun tetap berkualitas tinggi," ujar Digital Imaging Product Manager Panasonic Gobel Indonesia Cut Noviani.

Panasonic Lumix S9 telah tersedia untuk pre-order melalui situs resmi Panasonic dan mitra ritel terkemuka mulai 25 Juni – 21 Juli 2024. Produk ini dibanderol dengan harga Rp23 juta untuk bodinya saja, dan Rp27 juta dengan lensa kit Lumix S 20-60mm F3.5-5.6.