Hiu Berwajah Mirip Musuh Spiderman Muncul ke Permukaan

Viper Dogfish.
Sumber :
  • Alphr.com

VIVA – Peneliti menemukan empat ikan hiu berwajah menyeramkan di Taitung, Taiwan. Tiga Hiu tersebut langsung mati, sedangkan satunya lagi mampu bertahan hidup hingga 24 jam.

Mengutip situs Livescience, Rabu, 17 Januari 2018, hiu jenis Viper Dogfish atau Trigonognathus Kabeyai termasuk hiu yang jarang bisa ditemukan, sehingga membuat IUCN (International Union for Conversation of Nature) belum memutuskan apakah hiu ini terancam punah atau tidak.

Akhirnya, mereka memasukkan Viper Dogfish ini ke dalam kategori 'kekurangan data,' sebab, hiu tersebut terakhir ditemukan pada 1986.

Kala itu peneliti berhasil memancing Viper Dogfish di lautan Jepang. Namun, sejak saat itu tidak ditemukan lagi. Dinamakan Trigonognathus karena bentuk rahangnya yang segitiga.

Venom.

Bentuk hiu ini sangat menakutkan, karena giginya yang tajam dan berjarak. Matanya seperti kaca dan mulutnya berbentuk aneh, kulitnya berwarna hitam dan licin seperti belut, serta badannya memanjang seperti ikan lele.

Bahkan, Viper Dogfish dijuluki Venom, musuh bebuyutan Spiderman. Menurut peneliti biologi ikan, Britanny Finucci, hiu ini bisa lolos dari jaring ikan bukan karena kulitnya, namun karena hiu ini sangat kecil dan berbentuk ramping.

"Bentuk mulutnya yang aneh agar bisa dengan cepat menangkap mangsa. Karakteristik ini sama dengan hiu Goblin (Goblin Shark)," ungkapnya. (ase)