140 e-Commerce di Harbolnas Catat Transaksi Rp2,1 Triliun

Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id - Para pelaku e-commerce
, termasuk pengguna internet, diperkirakan sangat antusias dengan adanya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Ini terbukti dengan adanya pencarian di Google oleh para pengguna internet terkait Harbolnas.

Hal ini diungkapkan oleh perusahaan riset Nielsen. Menurut survei yang mereka lakukan, pengguna internet melakukan pencarian informasi tentang apa itu Harbolnas. Pencarian ini dilakukan sepekan sebelum Harbolnas dihelat.

"Penjualan di Harbolnas juga meningkat dan dinikmati oleh hampir semua platform e-commerce. Peningkatannya bahkan sampai 1,8 kali lipat dibanding transaksi hari biasa," ujar Associate Director Consumer Insights Nielsen, Rudy Sumantri kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis, 17 Desember 2015.

Menurut Rudy, indikasi antusiasme masyarakat tidak hanya dilihat dari peningkatan frekuensi transaksi, tapi juga pendapatan yang dihasilkan selama Harbolnas berlangsung. Dia mengatakan, nilainya sekitar Rp2,1 triliun.

Jumlah tersebut, kata Rudy, didapat dari metode yang dilakukan Nielsen secara acak (random sample). Rudy menyebut, data Rp2,1 triliun itu secara acak di survei dengan melibatkan 700 pengguna internet di 19 kota urban. Mereka juga tidak lupa menanyakan pada beberapa pelaku e-commerce sendiri.

"Penjualan selama Harbolnas yang berlangsung tiga hari, estimasinya sekitar Rp2,1 triliun, didapat dari konsumen survei dan beberapa ditanyakan pada pelaku e-commerce," ujar Rudy.

Kemudian, mengenai ketertarikan terhadap Harbolnas, Rudy menyatakan bahwa 75 persen internet user mencari akan hal terkait Harbolnas.

"Jadi, antusias di Harbolnas kali ini tinggi, 75 persen dari internet user, aware terhadap Harbolnas, khususnya satu pekan sebelum Harbolnas," tuturnya.

Mengenai penyebaran informasi, Nielsen menyurvei, sebanyak 39 persen mengetahui informasi Harbolnas dari televisi, 29 persen mengetahui dari website e-commerce sendiri, dan 7 persen dari media sosial. (art)