Merger XL Axiata dan Smartfren Selangkah Lagi, Nama Baru Sudah Ada

Axiata Group Bhd.
Sumber :
  • New Straits Times

VIVA Tekno – Axiata Group Berhad asal Malaysia dan Sinar Mas mengumumkan telah memasuki babak baru dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) tidak mengikat untuk menjajaki rencana merger antara XL Axiata dan Smartfren dalam rangka menciptakan entitas baru bernama MergeCo.

Rencana transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata Group dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi pemegang saham pengendali dari MergeCo.

Pada saat ini, diskusi yang sedang berlangsung antara para pihak belum menghasilkan kesepakatan atau penyelesaian rencana transaksi yang mengikat.

Validasi terhadap penggabungan dan penciptaan nilai bagi pemegang saham, uji tuntas, persiapan rencana bisnis bersama dan kesepakatan atas persyaratan penting akan menjadi kegiatan utama yang dilakukan selama tahap penjajakan yang diatur dalam MoU.

Setiap perkembangan penting  yang berhubungan dengan MOU ini akan diumumkan sebagaimana diperlukan. Apabila perjanjian mengikat akan ditandatangani di kemudian hari, maka transaksi terkait akan tunduk pada peraturan-peraturan yang berlaku dan persetujuan korporasi serta pemerintah.

Smartfren.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Smartfren.

Photo :
Dengan tujuan untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang lebih kuat di Indonesia, usulan penggabungan usaha antara XL Axiata dan Smartfren diharapkan dapat menyatukan skala, kompetensi, keuangan dan keahlian telekomunikasi yang mendalam dari Axiata dan skala lokal serta pengetahuan pasar dari Sinar Mas untuk menghasilkan nilai sinergis yang signifikan.

Kedua pihak diharapkan dapat memberikan pengaruh yang seimbang terhadap arah strategis dan keputusan operasional MergeCo, dengan memanfaatkan kekuatan masing-masing.

Axiata Group meyakini bahwa MergeCo akan memiliki kelincahan yang strategis, kompetensi dan kemampuan yang mumpuni untuk memenuhi harapan dan permintaan yang semakin  meningkat dari konsumen, bisnis dan sektor publik di Indonesia.

MergeCo diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen di sektor telekomunikasi dan menciptakan nilai tambah bagi para pemegang saham, melalui sinergi dari penggabungan operasional XL Axiata dan Smartfren.

"Indonesia merupakan pasar yang penting sekaligus kunci bagi inisiatif strategis perusahaan. XL Axiata merupakan aset terbesar Axiata Group, dan dari sisi portofolio, Indonesia merupakan penghasil nilai tertinggi, di mana perusahaan menjalankan lima bisnis utama, yaitu XL Axiata, Link Net, EDOTCO, Boost, dan ADA," demikian keterangan resmi Axiata Group, Rabu, 15 Mei 2024.