Milenial dan Gen Z Diajak Menerapkan Gaya Hidup Ini

Gaya hidup milenial dan Gen Z.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – LG Electronics Indonesia mendorong kesadaran generasi muda (milenial dan gen Z) terkait food issue, terutama soal tingginya food waste dan food insecurity (kerawanan pangan) di Indonesia.

Laporan dari United Nations Environment Programme (UNEP), melalui UNEP Food Waste Index Report 2021, menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat kedua secara global dan teratas di Asia Tenggara dengan menghasilkan 20,93 juta ton food waste (makanan yang terbuang dan menjadi sampah) setiap tahunnya.

Di sisi lain, Perencanaan Pembangunan Nasional (Kemen PPN/Bappenas) melaporkan, pembuangan limbah makanan nasional ini berdampak antara lain pada kerugian ekonomi yang mencapai Rp213 triliun hingga Rp551 triliun per tahunnya. Kondisi ini setara nilainya dengan 4-5 persen Produk Domestik Bruto (PDB) tahunan Indonesia.

Indonesia menghadapi peningkatan jumlah food waste dan food insecurity (kerawanan pangan) yang mengkhawatirkan. Mirisnya, dengan berada pada peringkat ke-77 dari 125 negara dalam Global Hunger Index 2023, Indonesia masih dikatakan memiliki permasalahan serius dalam bidang kerawanan pangan.

Dampaknya pada lingkungan pun tak dapat diabaikan. Kesalahpemahaman bahwa pangan terbuang bersifat organik dan dapat terurai secara hayati ini berkontribusi pada lonjakan produksi sampah makanan.

Ketika lonjakan ini tak mendapat perhatian, masalah serius seperti ancaman gas metana, pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan akibat buruknya pengelolaan sampah akan segera menjadi permasalahan baru.

Menurut Direktur Hubungan Pemasaran LG Electronics Indonesia Jay Jang, tidak hanya mendapatkan wawasan berharga tentang food waste, generasi muda juga akan diajak mempelajari langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan (sustainable living) melalui penggunaan produk elektronik yang inovatif.

"Keterlibatan kami ini sekaligus menunjukkan kepada pengunjung tentang berbagai peluang menuju gaya hidup berkelanjutan yang bisa dilakukan sehari-hari dengan mengoptimalkan berbagai fitur unggulan di produk LG Electronincs," kata dia.

LG Electronics.

Photo :
  • ITWeb

LG Electronics.

Photo :
Sebagai informasi, keterlibatan raksasa teknologi Korea Selatan dalam meningkatkan kesadaran milenial dan gen Z terhadap food issue itu diterjemahkan melalui program 'Better Life Festival'.

Dalam 'Better Life Festival', generasi muda ini lebih jauh dibawa untuk mengeksplorasi berbagai langkah untuk dapat memulai gaya hidup berkelanjutan. Seperti menjaga kesegaran pakaian dengan menggunakan teknologi uap air melalui LG Styler.

Sementara untuk area dapur, mereka, para milenial dan gen Z, bisa melihat demo pengolahan makanan menggunakan bahan makanan sisa. Di antaranya pembuatan teh dengan memanfaatkan sisa bongkol apel.