Sam Altman Pendiri ChatGPT Dipecat dari OpenAI

CEO OpenAI Sam Altman.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno - Pendiri ChatGPT dan OpenAI, Sam Altman, resmi dipecat dari perusahaan yang didirikannya. Dewan direksi menilai bahwa ia tidak bersikap jujur dalam berkomunikasi.

"Kepergiaan Sam Altman mengikuti proses peninjauan yang disengaja oleh dewan, yang menyimpulkan bahwa dia (Sam Altman) tidak konsisten jujur dalam komunikasi dengan dewan, hingga akan menghambat kemampuan melaksanakan tanggung jawab," ungkap dewan OpenAi, dilansir dari The Guardian, Sabtu, 18 November 2023.

Samuel Altman, Kepala Eksekutif OpenAl

Photo :
  • AP Photo

Setelah dipecat dari perusahaannya sendiri, Sam Altman menyampaikan pesan melalui akun X – dahulu Twitter – bahwa sang pendiri ChatGPT itu merasa bahagia ketika berada di OpenAI.

"Saya menyukai waktu di OpenAi. Ini sangat transformatif bagi saya pribadi dan semua dunia sedikit berubah. Yang terpenting saya senang bekerja dengan orang-orang berbakat seperti itu. Akan berbicara lebih banyak apa yang akan terjadi selanjutnya nanti," tulis Sam Altam.

Untuk menggantikan Sam Altman sebagai CEO adalah Mira Murati yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) OpenAI.

Selain Sam Atham, salah satu pendiri OpenAI Greg Brockman memutuskan untuk mengundurkan diri. Ia pun menyampaikan pesan serta mendoakan yang terbaik untuk menciptakan AGI yang bermanfaat bagi umat manusia.

Didirikan sebagai organisasi nirlaba pada tahun 2015, OpenAI menjadi terkenal sejak ChatGPT tersedia untuk publik pada tahun lalu. Kini ChatGPT telah lebih dari 100 juta pengguna mingguan.

CEO OpenAI, Sam Altman, mengenakan kemeja batik.

Photo :
  • Misrohatun Hasanah

Selain itu, perusahaan tersebut telah berkembang dengan sigi fiat. Pada bulan Oktober 2023, OpenAI diperkirakan telah meraup pendapatan hingga 1 miliar dolar atau setara Ro15 triliun selama periode satu tahun penjualan produk ChatGPT.