3 Fakta IndiHome Ketika di Bawah Telkomsel
- Misrohatun Hasanah
VIVA Tekno - Mulai 1 Juli 2023, layanan IndiHome resmi beroperasi di bawah naungan Telkomsel.
Beberapa waktu yang lalu telah terjadi penandatanganan akta pemisahan (deed of spin-off) antara Telkom dan Telkomsel untuk mengintegrasikan IndiHome ke Telkomsel.
VIVA Digital menemukan tiga fakta menarik terkait efisiensi IndiHome ke Telkomsel.
Harga tidak berubah
Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam menyebut setelah pemindahan maka tarif dari IndiHome tidak berubah.
Perusahaan menyebut tidak akan melakukan perubahan apapun. Mereka akan melihat dari sisi pasarnya.
Tidak ada PHK
Untuk mendukung transisi yang mulus dan kelancaran operasional, Telkom dan Telkomsel telah memiliki kesepakatan dari sisi sumber daya manusia (SDM) terkait talent transfer dan talent mobility.
"Jadi memang SDM ada dua kelompok, sebagian sudah ditransfer. Kelompok satu sebelumnya di Telkom jadi ke Telkomsel, per kemarin kita transfer sekitar 500-an," ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.
Sisanya akan dimutasi. Ririek menjelaskan, mutasi ini artinya status yang bersangkutan masih karyawan Telkom tapi kerja di Telkomsel. Dia berharap proses pemindahan ini akan berjalan dengan mulus.
"Semua akan dialihkan. Ada proses pemilihan, siapa saja yang diperlukan, siapa yang cocok. Kita juga komunikasikan dengan karyawan maupun serikat karyawan," jelasnya.
Karyawan yang dipindahkan ke Telkomsel akan mengisi jenis pekerjaan yang belum ada di sana. Jadi tidak semua karyawan Telkom yang mengelola IndiHome dipindahkan, hanya sebagian saja.
Sementara pekerja yang tidak ke Telkomsel akan direlokasi untuk mengurusi bisnis Telkom lain, yang fokus ke kebutuhan business-to-business (B2B). Jadi perusahaan pelat merah ini memastikan tidak ada rencana untuk PHK.
Mulai 1 Juli 2023, untuk kebutuhan informasi dan layanan, pelanggan IndiHome dapat menghubungi customer touch point Telkomsel, seperti call center 188, website www.telkomsel.com, layanan email cs@telkomsel.com, dan GraPARI (walk-in).
Sedangkan untuk layanan customer touch point IndiHome seperti aplikasi MyIndiHome, website indihome.co.id, Plasa Telkom (walk-in), Call Center 147, serta akun media sosial @IndiHomeCare.