Gimana Nasib Karyawan IndiHome Setelah di Bawah Telkomsel?
- Dok. AMSI
VIVA Tekno – Efisiensi IndiHome di bawah naungan Telkomsel hanya tinggal menunggu hari. Praktis akan ada perubahan pada pola sumber daya manusia yang bekerja untuk IndiHome. Tapi Telkom memastikan tidak akan ada PHK (pemutusan hubungan karyawan) karena 'perkawinan' ini.
Untuk mendukung transisi yang mulus dan kelancaran operasional, Telkom dan Telkomsel telah memiliki kesepakatan dari sisi sumber daya manusia terkait talent transfer dan talent mobility.
"Jadi memang SDM ada dua kelompok, sebagian sudah ditransfer. Kelompok satu sebelumnya di Telkom jadi ke Telkomsel, per kemarin kita transfer sekitar 500-an," ujar Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah di Jakarta, Selasa, 27 Juni 2023.
Sisanya akan dimutasi. Ririek menjelaskan, mutasi ini artinya status yang bersangkutan masih karyawan Telkom tapi kerja di Telkomsel. Dia berharap proses pemindahan ini akan berjalan dengan mulus.
"Semua akan dialihkan. Ada proses pemilihan, siapa saja yang diperlukan, siapa yang cocok. Kita juga komunikasikan dengan karyawan maupun serikat karyawan," jelasnya.
Karyawan yang dipindahkan ke Telkomsel akan mengisi jenis pekerjaan yang belum ada di sana. Jadi tidak semua karyawan Telkom yang mengelola IndiHome dipindahkan, hanya sebagian saja.
Sementara pekerja yang tidak ke Telkomsel akan direlokasi untuk mengurusi bisnis Telkom lain, yang fokus ke kebutuhan business-to-business (B2B). Jadi perusahaan pelat merah ini memastikan tidak ada rencana untuk PHK.
Pengalihan IndiHome ke Telkomsel ini sekaligus menandai refocus bisnis dalam Telkom, yakni segmen Business to Consumer (B2C) yang sepenuhnya akan dikelola oleh Telkomsel.
Sementara Telkom akan fokus untuk menjadi pemimpin pasar pada segmen Business to Business (B2B) yang merupakan sumber pendapatan baru potensial untuk pertumbuhan Telkom yang lebih tinggi di masa mendatang.
Kolaborasi dan sinergi karyawan di TelkomGroup adalah salah satu kunci untuk memperkuat bisnis broadband ritel di Telkomsel serta transformasi B2B di Telkom.
Telkom juga akan melakukan percepatan transformasi segmen B2B hingga ke level Telkom Regional agar dapat melayani segmen ini secara menyeluruh, untuk mendukung sektor korporasi, UMKM, maupun instansi pemerintah dalam melakukan digitalisasi.