Mumi Remaja Berusia 2.300 Ditemukan dengan Penis Terpotong

Mumi remaja berusia 2.300 yang ditemukan.
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA Tekno – Sebagian besar dari kita telah mengenal bagaimana bentuk mumi seukuran orang dewasa. Tetapi para ilmuwan telah menemukan mumi dari seorang remaja yang diperkirakan berusia 2.300 tahun dan dimakamkan dengan 49 jimat berharga.

Peneliti dari Universitas Kairo menggunakan CT scan untuk 'membuka secara digital' mumi yang telah ditemukan lebih dari 100 tahun yang lalu di pemakaman di Nag el-Hassay di Mesir selatan.

Melansir Daily Mail, mereka menemukan lusinan jimat berbeda, banyak di antaranya terbuat dari emas, telah dipasang dengan hati-hati di atas atau di dalam tubuh.

Mumi Remaja Berusia 2.300 yang Ditemukan

Photo :
  • Daily Mail

Ini termasuk jimat dua jari di scarab, hati emas ditempatkan di dalam rongga dada, lidah emas di dalam mulut dan yang paling aneh adalah penis yang tidak disunat, yang telah dipotong dari tubuh mumi tersebut. Hingga kini, para peneliti masih mancari apa arti penis yang terpotong tersebut. 

Dia juga mengenakan sandal dan terbungkus karangan bunga pakis.

Mumi yang disebut "anak emas" tersebut telah diletakkan di dalam dua peti mati, peti mati luar dengan tulisan Yunani dan sarkofagus kayu bagian dala

Selain jantung, organ dalamnya telah diangkat melalui sayatan, sedangkan otaknya telah dikeluarkan melalui hidung dan diganti dengan resin.

CT scan menunjukkan anak laki-laki itu tingginya 128 cm, berusia antara 14 dan 15 tahun, memiliki gigi yang bagus dan tidak diketahui penyebab kematiannya.

Mumi Remaja Berusia 2.300 yang Ditemukan

Photo :
  • Daily Mail

Jimat mewakili berbagai kepercayaan Mesir.

Misalnya, daun lidah emas ditempatkan di dalam mulut untuk memastikan anak laki-laki itu dapat berbicara di akhirat, sedangkan jimat sudut kanan dimaksudkan untuk menyeimbangkan.

Penulis utama ilmuwan, Dr Sahar Saleem berkata: "Di sini kami menunjukkan bahwa tubuh mumi ini secara luas dihiasi dengan 49 jimat, ditata dengan indah dalam susunan unik tiga kolom antara lipatan pembungkus dan di dalam rongga tubuh mumi," ujarnya. 

"Ini termasuk Mata Horus, scarab, jimat akhet cakrawala, plasenta, Simpul Isis, dan lain-lain,"

"Banyak yang terbuat dari emas, sementara beberapa terbuat dari batu semimulia, tanah liat yang dibakar, atau faience. Tujuan mereka adalah untuk melindungi tubuh dan memberinya vitalitas di akhirat," jelas Saleem.

Mumi Remaja Berusia 2.300 yang Ditemukan

Photo :
  • Daily Mail

Menulis di jurnal Frontiers in Medicine, para peneliti menambahkan: "Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang Mesir kuno menghargai anak-anak mereka dan memberi mereka perawatan ritual."

Orang Mesir kuno percaya bahwa ketika manusia mati, tubuh spiritual akan mencari kehidupan setelah kematian yang serupa dengan dunia ini.

Tapi masuk ke alam baka ini tidak dijamin, pertama-tama membutuhkan perjalanan berbahaya melalui dunia bawah, diikuti dengan penghakiman terakhir individu.

Untuk alasan ini, kerabat dan pembalsem melakukan segala yang mereka bisa untuk memastikan bahwa orang yang mereka cintai dapat mencapai tujuan yang bahagia.