Geliat UMKM Menguat, Andalkan Startup Logistik Tarif Hemat

Geliat sektor UMKM dorong inovasi startup logistik.
Sumber :
  • Paxel

VIVA – Geliat positif para pelaku UMKM dalam mengembangkan unit usaha dan komunitas pemasarannya, terus mendorong sejumlah inovasi serta sinergi dari berbagai stakeholder terkait. Sejumlah domain usaha pun saat ini semakin mantap mengandalkan jasa pengiriman logistik dalam memastikan produknya bisa aman dan terjamin sampai kepada konsumen.

Hal itu pula yang menjadikan sektor logistik untuk makin berbenah guna meningkatkan kapasitas operasional demi dapat menghadirkan layanan prima yang menunjang bergulirnya geliat komunitas UMKM yang optimal dan terus saling mendukung.

Fokus itu pula yang menjadi sorotan perusahaan rintisan, Paxel dengan terus mendorong gerakan #pulihbersama yang digaungkan pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi. Salah satu pendorongnya ialah melalui UMKM daerah.

Paxel memiliki misi untuk membantu mendigitalkan UMKM di seluruh Indonesia melalui pemasaran PaxelMarket, pengiriman sehari sampai, dan Jaminan Makanan Aman.

Bank Indonesia menyebutkan wilayah Jateng dan Jatim memiliki pertumbuhan ekonomi yang positif dalam periode triwulan I 2022 sebesar 5,16% dan 5,20%.

Hal ini kemudian menjadi landasan Paxel untuk mengoptimalkan perputaran ekonomi daerah dalam bentuk tarif flat antarkota yang sangat terjangkau, khususnya region Joglosemar.

Rezka Ilhamsyah selaku EVP Growth & Marketing Paxel menjelaskan tarif flat sameday delivery antarkota Joglosemar diharapkan dapat mendongkrak ekonomi daerah melalui penjualan para UMKM di daerah setempat.
 

“Dengan biaya Rp15.000,- seller dapat mengirimkan jenis paket ukuran small, medium dan large misalnya dari Yogyakarta menuju Solo atau ke luar kota seperti dari Semarang ke Surabaya. Dengan pengiriman seperti pakaian atau frozen food, ini sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis,” jelas Rezka Ilhamsyah.

Putri dari Dapur Putri Semarang yang kerap menggunakan Paxel sejak 2021 mengatakan “Tarif Paxel cukup murah dari ekspedisi yang lain. Meskipun ongkos kirimnya murah, produk kami berupa frozen food terjamin aman sampai di konsumen,” ujar Putri.

Melihat antusias UMKM seperti Dapur Putri, Rezka percaya tarif flat antarkota untuk semua jenis ukuran dapat dimanfaatkan oleh UMKM daerah untuk melebarkan potensi pasarnya serta menghemat biaya.

Melalui jangkauan kirimnya, saat ini Paxel telah membantu lebih dari 2000 UMKM mengembangkan pasarnya di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, hingga Sulawesi.

Sampai Juni 2022, Paxel diperkuat oleh ribuan Happiness Hero (kurir) yang telah melayani lebih dari 2.100.000 user di Indonesia dan mengirimkan lebih dari 17.000.000 paket dengan tingkat ketepatan waktu di atas 98%.