Vision Plus Adopsi Teknologi Dolby

Teknologi Dolby.
Sumber :
  • Homecinema Magazine

VIVA – Vision+ dan Dolby mengumumkan adopsi fitur Dolby Vision dan Dolby Atmos dalam perilisan serial genre musik original terbarunya, Orkes, yang menampilkan konser khusus dan dokumentasi di balik layar dari Maliq & D'Essentials, salah satu band populer di Indonesia.

Selain konser, serial ini juga akan mencakup wawancara tertutup eksklusif dengan Maliq & D'Essentials, serta sesi langsung untuk menyenangkan para penggemar dan pecinta musik. Serial ini rencananya akan dirilis pada Mei 2022.

Dalam adopsi ini, akan ada fitur Dolby Vision & Dolby Atmos di seri musik tersebut. Dolby Vision adalah teknologi imaging canggih yang menggabungkan rentang dinamis tinggi (HDR) dengan gamut warna yang luas.

Pembuat film dan konten menggunakan Dolby Vision untuk membuat hiburan menjadi hidup. Tampilan Dolby Vision menghadirkan gambar yang lebih hidup dan nyata, di mana gambar menyala terang dari layar dan memberikan sorot yang penuh pesona.

Kombinasi kontras yang lebih tajam, hitam pekat, dan detail bayangan menambah kesan mendalam pada setiap aspek visualnya.

Selain itu, palet warna Dolby Vision yang sangat bervariasi menambahkan warna yang nyata dan khas pada rentang kecerahan yang lebih luas.

Hal ini membuat warna-warna yang lebih lembut dan netral terlihat sama nyatanya dengan warna-warna yang cerah dan hidup.

Di sisi lain, Dolby Atmos yang dibuat untuk bioskop adalah teknologi audio inovatif, dengan suara yang bergerak di sekitar kita dalam lanskap suara yang imersif.

Dolby Atmos memungkinkan pembuat konten (content creator) untuk menempatkan setiap suara persis di tempat mana saja yang mereka inginkan.

Hal ini memberikan pengalaman suara multidimensi yang lebih lengkap untuk hiburan. Dengan begitu, Dolby Atmos membantu seseorang terhubung lebih dalam dengan film favoritnya.

"Ini merupakan langkah besar di mana peran MNC semakin signifikan di dunia digital. Kami berharap masyarakat dengan senang hati menyambut berbagai inovasi baru dari produk-produk kami ke depannya," ujar Hary Tanoesoedibjo selaku Executive Chairman MNC Group, dalam konferensi pers virtual, beberapa waktu lalu.

MNC Group.

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Ia juga mengaku bahwa Vision+ mengukir sejarah dengan menjadi platform OTT (over-the-top) Indonesia pertama yang mengadopsi teknologi Dolby.

Ia pun percaya Dolby akan memberikan pengalaman audiovisual serta meningkatkan kualitas streaming dan konsumsi konten bagi para pengguna Vision+.

"Adopsi (fitur) Dolby Vision dan Dolby Atmos tidak berakhir di sini. Kami terus berusaha untuk memberikan pengalaman streaming terbaik kepada masyarakat Indonesia," tegas Hary.

Pada kesempatan yang sama, Managing Director, Emerging Markets Dolby Laboratories, Pankaj Kedia, menambahkan jika pelanggan premium Vision+ dapat merasakan serial genre musik Orkes yang lebih hidup dengan warna yang sangat cerah berkat fiturnya tersebut.

Adapun kerja sama strategis Vision+ dan Dolby dalam mengadopsi fitur Dolby Vision dan Dolby Atmos ini dilakukan pada Kamis, 14 April 2022.