Aplikasi Belanja Ini Terapkan Teknologi Big Data
- www.pixabay.com/xresch
VIVA – Banyak orang mengenal Alfamart, sebagai toko swalayan yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari. Namun, belum tentu mereka mengetahui soal Alfagift.
Alfagift adalah aplikasi belanja online dari Alfamart, yang menyediakan bermacam barang kebutuhan dan dilengkapi dengan consumer loyalty program, informasi aktual promo, informasi pengguna, lokasi gerai hingga kemudahan pilihan pembayaran.
Bahkan, ada beberaoa barang yang tidak ada di gerai fisik Alfamart namun tersedia di Alfagift, seperti produk premium atau dengan kemasan besar.
Direktur Pemasaran Alfamart, Ryan Alfons Kaloh mengatakan bahwa aplikasi itu sebenarnya sudah ada sejak 2015 dan diposisikan sebagai aplikasi keanggotaan digital.
“Namun, ia bertransformasi menjadi aplikasi transaksional. Sebagai alternatif channel bagi segmen konsumen, terutama milenial dan digital savvy yang ingin berbelanja dengan cara yang mudah dari rumah, hanya lewat genggaman,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 23 Maret 2022.
Menurut Ryan, Alfagift dikembangkan dengan algoritma khusus dari big data analytic sehingga mampu mengintegrasikan seluruh pengalaman belanja konsumen, baik online maupun offline, sehingga dapat menyediakan personal shopping list sekaligus promo yang sesuai kebutuhan masing-masing konsumen.
“Bisa saja penawaran produk atau promo saya dengan pengguna Alfagift lain berbeda, karena berdasar data dan karakteristik belanja tiap orang berbeda. Dengan begitu, kami bisa memberikan program yang sesuai profil seseorang daripada memberikan promo yang sama kepada semua orang secara sporadis,” jelasnya.
Beragam keunggulan Alfagift terangkum dalam kampanye #GercepTanpaBatas, yang berisi penawaran belanja tanpa ongkos kirim, serta diantar dari hub terdekat.