Kado Istimewa WhatsApp untuk iOS dan Android

WhatsApp.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp menambahkan fitur balasan cepat untuk pengguna WhatsApp Business. Fitur ini akan tersedia untuk pengguna iOS maupun Android. Di bawah versi beta fitur telah tersedia untuk pengguna tertentu dan akan diluncurkan untuk pengguna lain.

Quick Replies adalah fitur pertama yang dirilis untuk platform bisnis yang memungkinkan penggunaan pesan yang kerap dikirim ke konsumen. Berkat fitur ini pengguna bisa membuat pintasan keyboard untuk mengirimnya dengan cepat, menurut WABetaInfo.

Pengguna harus mengetik '/' dalam obrolan, kemudian memilih pesan yang akan dikirim dari daftar. Daftar Quick Replies juga bisa dibuat melalui WhatsApp Business Setting, seperti dlansir dari situs Live Mint, Rabu, 22 Desember 2021.

Pintasan ini tidak terbatas untuk pengguna iOS saja. Penguji beta untuk Android dapat melihat pintasan di posisi yang sama. Belum diketahui alasan WhatsApp menerapkan pintasan untuk membuka daftar. Tapi mungkin saja pintasan baru ini akan membantu lebih banyak bisnis mengetahui fitur anyar ini.

WhatsApp juga sedang mengerjakan fitur yang memungkinkan penghapusan pesan dalam grup oleh seorang admin grup. Fitur ini akan membantu admin untuk memoderasi grup. Alat ini telah tersedia untuk platform Android.

Pada Juni 2021, sejumlah pengguna WhatsApp telah disuguhkan fitur multi-device. Hal ini memungkinkan satu akun dapat dibuka di empat perangkat sekaligus. Bahkan, untuk menggunakannya di perangkat lain, pengguna tidak membutuhkan ponsel utama yang memasang aplikasi WhatsApp.

Meski begitu, fitur multi-device ini tidak bisa berfungsi pada perangkat ponsel atau tab, hanya Web, Dekstop dan Portal. Anak usaha Meta ini mengklaim fitur barunya itu akan tetap mengusung enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption).