Tri, Simpati, IM3, XL atau Smartfren, Mana Favorit Gen-Z?

Generasi Z.
Sumber :
  • Instagram/@cheriecolaa

VIVA – Meski banyak pilihan operator seluler, kebanyakan generasi Z (gen-Z) atau anak-anak muda yang saat ini berstatus pelajar punya pertimbangannya sendiri dalam memilih layanan data untuk smartphone. Terutama menyangkut harga yang ditawarkan.

Sebab, pelajar memiliki keuangan yang terbilang terbatas, sehingga harus pintar-pintar mengatur pengeluaran. Bila mengacu dari data yang dirilis lembaga survei Populix dan dikutip VIVA Tekno, Kamis, 15 Oktober 2020, dengan melibatkan 141 pelajar, Tri menjadi operator seluler favorit kalangan para pelajar dengan persentase 26 persen.

Baca: Jangan Coba-coba Tawarkan Pinjaman Online Lewat SMS

Sementara posisi kedua ditempati oleh Simpati (Telkomsel) dan IM3 (Indosat Ooredoo) yang memiliki persentase sebesar 23 persen. Sedangkan XL dan Smartfren berada pada posisi berikutnya dengan persentase 11 persen.

Meski Tri terpilih sebagai operator seluler pilihan pelajar dengan menawarkan harga paket data yang terjangkau, uniknya survei Populix justru mencatatkan kalau gen-Z lebih menginginkan jaringan yang stabil dengan persentase mencapai 40 persen.

Disusul kemudian dengan kebutuhan akan harga paket data unlimited yang lebih terjangkau. Sementara untuk pengeluaran, selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi sejak Agustus sampai September 2020, gen-Z rata-rata menghabiskan sekitar Rp70-80 ribu untuk membeli paket data.

Angka ini cenderung meningkat seiring makin tingginya kebutuhan belajar online. Zoom menjadi aplikasi konferensi video paling banyak digunakan oleh gen-Z untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan persentase mencapai 42 persen. Diikuti aplikasi Google Meet sebesar 35 persen.

Berbeda dengan gen-Z yang didominasi pelajar, hasil berbeda ditunjukkan oleh respons dari kaum pekerja dengan menempatkan Telkomsel sebagai operator seluler yang paling difavoritkan dengan persentase 35 persen.

Sedangkan posisi keduanya diisi oleh Indosat Ooredoo dan Tri dengan persentase 21 persen. Adapun XL menempati posisi ketiga dengan persentase 12 persen, sementara Smartfren hanya 4 persen.

Survei yang dilakukan Populix kali ini melibatkan ratusan responden yang berada di Jakarta dan Bodetabek dengan rentang usia mulai dari pelajar di bawah usia 18 tahun hingga pekerja di atas 40 tahun.

Selama masa pandemi, Populix juga kerap mendorong para pelaku usaha untuk terus melakukan berbagai inovasi bisnis serta menekankan pentingnya data agar pelaku bisnis dapat mengenal lebih dalam lagi mengenai perubahan kebutuhan konsumen saat ini.