Ada Layanan Drive Thru Khusus Ojol
- ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
VIVA – Adanya penerapan pembatasan sosial berskala besar di beberapa wilayah, membuat sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu di rumah. Jika butuh membeli sesuatu, mereka cukup memesannya melalui aplikasi ojek online.
Meski ada wabah virus corona, namun para pengendara ojol tetap turun ke jalan setiap hari untuk mencari nafkah. Kehadiran mereka secara tidak langsung, turut membantu warga untuk tetap tinggal di rumah.
Sedangkan soal kesehatan mereka, Chief Operation Officer Gojek Hans Patuwo mengatakan bahwa ada lebih dari 130 Posko Aman Bersama Gojek, yang beroperasi di 16 kota. Setiap hari, posko tersebut melayani 30 ribu mitra mereka.
“Kami terus melakukan inisiatif komprehensif terkait keamanan dan kesehatan, sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat yang percaya pada layanan Gojek sebelum dan di tengah pandemi,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 21 April 2020.
Dengan adanya posko ini, mitra Gojek bisa lebih aman dalam melayani masyarakat, terutama di kota-kota yang memberlakukan PSBB. Tidak hanya sebagai area pengecekan, posko ini juga menjadi tempat para pengendara mendapatkan tiga layanan khusus, yang menggunakan sistem drive through.
Layanan pertama adalah pengecekan suhu tubuh, untuk memastikan mitra dalam keadaaan sehat saat beraktivitas. Kedua, pembagian masker, hand sanitizer, dan multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Ketiga, penyemprotan disinfektan kendaraan yang bertujuan memastikan sanitasi mobil dan motor mitra.
Gojek juga berusaha memastikan keamanan dan kesehatan pengguna layanan mereka. Termasuk membagikan masker kepada penumpang, membatasi dua penumpang per unit kendaraan untuk layanan GoCar dan GoBluebird, serta pengantaran tanpa kontak langsung untuk GoFood, GoShop dan GoMart.
”Kami juga bisa memastikan mitra bisa beroperasi, sesuai standar operasional layanan di tengah pandemi COVID-19. Pengoperasian posko ini merupakan yang pertama, dan punya standar tertinggi di industri kami,” ungkap Hans.