Peta Lengkap Gempa Lombok, dari Sebaran hingga Posko Pengungsian

Peta kerusakan dan posko pengungsin Gempa Lombok 2018
Sumber :
  • Facebook/Rachmad Tri Wibowo

VIVA – Penanganan dampak gempa Lombok sedang menjadi fokus pemerintah pusat dan daerah Nusa Tenggara Barat. Selain pemerintah, warganet juga berkontribusi dengan inisiatifnya. 

Seorang pengguna Facebook dengan nama akun Rachmad Tri Wibowo memosting Peta Gempa Lombok yang berisi informasi posko pengungsian, posko bencana, serta peta dampak kerusakan. 

Dikutip dari laman Facebook akun tersebut, Rabu 8 Agustus 2018, pada peta Google Maps yang diposting Rachmad itu, fokus pada kawasan Lombok yang terdampak dengan gempa beberapa hari lalu. 

Pada peta tersebut, posko bencana gempa ditandai dengan ikon rumah berwarna merah. Pada peta ini terdapat Posko Basarnas, Posko Induk ACT Nusa Tenggara Barat, Posko Aksi ER, Posko Kantor Camat Sembalun, Posko Kantor Camat Kayangan, Tim Medis TNI AL Dr. Soeharso, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 

Untuk lokasi pengungsian pada peta ini tersebar di Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Kota Mataram, dan Lombok Tengah. Lokasi pengungsian ditandai dengan ikon rumah berwarna biru.

Peta ini juga dilengkapi dengan lokasi mana saja yang terdampak kerusakan gempa, titik kerusakan gempa, dan titik kerusakan bangunan di Lombok Utara serta Lombok Timur. 

Dalam postingannya, Rachmad berharap pihak yang berkepentingan dalam penanganan dampak gempa Lombok untuk memberikan perhatian pada area terdampak di pelosok.