Hati-hati, Lapangan Sepakbola Bisa Bikin Kanker

Ilustrasi bisnis lapangan futsal.
Sumber :
  • Mohammad Zumrotul Abidin/Surabaya
VIVA.co.id - Sebuah klaim mengejutkan muncul di Inggris. Setelah lapangan dengan rumput buatan bisa menyebabkan kanker karena banyak bahan kimia mematikan dalam kandungannya.

Lapangan rumput buatan ini tengah menyebar di sekitar Inggris Raya, tapi kini muncul kekhawatiran terkait potensi menyebabkan gangguan kesehatan. Menurut mantan chief executive Badan Layanan Kesehatan (NHS) Inggris, Nigel Maguire, seharusnya lapangan rumput buatan bernama 3G harus dilarang karena mengandung merkuri dan arsenik.

Hal ini diungkapkannya setelah putranya yang berusia 18 tahun, Lewis, didiagnosa terkena kanker Hodgkin's Lymphoma setelah berseluncur di lapangan sintetis tersebut. Banyak lapangan rumput buatan ini dibantu oleh karet-karet kecil, yang membuat rumput tetap berdiri dan bisa terlihat seperti lapangan tradisional.

Karet-karet tersebut terbuat dari berbagai campuran kimia yang dikhawatirkan bisa membuat para pengguna sakit. Menurut Maguire, anaknya menjadi sakit karenanya.

"Ketika saya semakin memperhatikan, saya semakin ketakutan. Kalau orang-orang tahu dari mana karet-karet tersebut berasal, bisa membuat mereka pikir dua kali untuk izinkan anaknya berlatih di sana," ujar Maguire pada Daily Star.

Menurut para pro kesehatan, Lewis kemungkinan besar sakit karena seorang kiper sehingga sering kontak langsung dengan rumput buatan. Pemuda itu sempat jalani trial dengan Leeds United. Sampai saat ini, tes lebih lanjut terus dilakukan.

Lapangan rumput buatan ini mirip dengan yang banyak digunakan oleh lapangan futsal di Indonesia. Kalau benar adanya, maka ada baiknya masyarakat lebih berhati-hati untuk jaga-jaga. (one)